Kevin Rose dan Bagaimana Sebuah Berita di Gali


Sukses Digg pelopor sosial bookmarking

Kevin Rose lahir 21 Februari 1977, di Las Vegas Nevada, dia kemudian dikenal sebagai seorang internet entrepreneur penemu Digg. Apa itu Digg? Digg merupakan situs sosial bermaksud mengumpulkan berita dari seluruh penjuru dunia. Situs tersebut kemudian mengangkat nama Kevin hingga jutaan dollar investor datang memanggil.

Awal bisnis 

Lahir sebagai seorang kutu buku, Rose dikenal sebagai maniak komputer. Hidupnya adalah bagaimana komputer menyala. Dia memulai koding semenjak berumur 8 tahun dengan membawa "kabur" komputer milik keluarga, Commodore 64. Tidak pernah serius sekolah, ibunya kerap mengambil keyboard komputer sebagai hukuman untuknya. "Saya membuat lubang di meja dan merantainya agar dia tidak mengambilnya lagi," ucap Rose bercanda.

Di umur 19 tahun, kemampuanya di bidang komputer sangat tinggi. Dia bahkan mendapatkan pekerjaan di Departement Energi di Las Vegas, Nevada. Tapi sekolahnya sangat pendek. Dia yang merasa Silicon Valley memanggilnya memutuskan drop- out, kemudian bekerja full time sebagai programmer.

Insting tersebut terbayar kemudian ketika Rose memiliki koneksi di Silicon Valley. Rose masuk ke bisnis media melalui acara Tv kabel "The Screen Saver". Ini cukup membuat namanya di bisnis teknologi, penemu, dan trend center. Dia akhirnya mempunyai kesempatan bertemu dengan Co- founder Apple Steve Wozniak.

Dia berhasil melalukan beberapa sesi wawancara dengan Steve Wozniak. Bukanya senang, ia justru merasa iri dengan cerita founder Apple itu. Dia merasa didepannya ada dinding yang ingin dipanjat. Pagi harinya, Rose mulai membuka komputernya mencari tau cara agar bisa menjadi sukses. Dia menggali lebih dalam tetapi kacau dan banyak memakan waktu.

Dia ingin membuat layanan dimana pengguna bisa mengelompokan berita secara pribadi. Tempat dimana mereka bisa memasang blognya, memasang link, dan memberi rating. Cerita terbaik akan terpampang di halaman depan situs. Ini merupakan awal dari Digg, yang kemudian diluncurkan di November 2004 dengan investasi $1.400 dari uang pribadi.

Sukses besar Digg

Tujuan hidupnya untuk Digg sangat rendah hati. Dia ingin "jika dengan ini bisa membayar sewa, dan saya bisa santai di apartemen, dan menikmati secangkir teh dan memiliki sebuah kantor kecil; itu akan lebih dari apa yang saya pernah inginkan. Tetapi sukses berjalan lebih cepat, dia dengan Digg menarik perhatian banyak orang dan merubahnya menjadi sebuah pekerjaan tetap.

Kurang dari satu tahun, Digg perbulannya mampu menghasilkan pengunjung hingga 200.000 per- bulan. Dia kemudian memiliki beberapa staff dan menaikan modal menjadi $2,8 juta dari modal kapital di 2009. Ini menjadi situs dengan trafik terpadat di negara itu.

Bagian terbaik dari Digg adalah keserampangannya. Situs tersebut menarik pengunjung dengan berita yang keras serta kehalusan kultur. Itu sangat tidak umum mendapati judul ""Mahkamah Agung Menangani Kasus dengan Melibatkan Saran Terburuk dari Plea" ada disebalah berita ringan seperti "Evolusi Ketty Perry".

Situs tersebut membuat Kevin Rose menjadi kaya raya. Digg diperkirakan benilai $250 juta. Rose kemudian berubah menjadi seorang investor cerdas, menanamkan uangnya di awal bisnis Twitter dan Foursquere. Ia kemudian juga menjadi investor di Facebook. Dia juga kemudia menjadi investor beberapa situs lain serta menjadi patner Google Investor.

Di April 2011, dari TechCrunch memberitakan Rose bersama beberapa teman membangun bisnis dengan merek dagang Milk. Perusahaan yang fokus di pembuatan aplikasi mobile. Aplikasi pertama Milk adalah Oink, alat pembuat ranking item. Di Maret 2011, Milk.Inc menutup aplikasi Oink untuk alasan tidak jelas. Dia bersama anggota tim Milk bergabung dengan Google. Kevin Rose mengawali harinya sebagai menejer produk di Google pada 19 Maret 2012. 

Di 30 Mei 2012, AllThingsD melaporkan Rose masuk ke tim Google+  guna menjalankan Google Venture.

Kevin Rose di Google Ventures

Kevin Rose telah menjelma menjadi entrepreneur internet. Dia dikenal sebagai sebagai serial entrepreneur, diantaranya Digg, Revision3, Pownce, dan yang terbaru Milk. Setiap bisnisnya merupakan sesuatu yang unik dibaliknya. Mereka bisa dibilang masih indie terlihat dari powernya. Mungkin tidak lebih dari Google, tapi Rose menunjukan bakatnya sebagai co- founder.

Bukan kejutan, Milk salah satu bisnisnya menjadi bagian korporasi besar seperti Google.Inc. Mereka merubah Kevin Rose sepenuhnya ke dalam bagian bisnis mereka. Google memilih Rose sebagai orang yang berhasil di bidang teknologi. Dia merupakan partner Google Ventures, yang mana memiliki tugas menjadi investor bisnis. Rose berperan sebagai investor di start- up bisnis dan pendukung.

Google Ventures merupakan venture kapitalis berbasis keuntungan dan merupakan bagian dari Google.Inc, didirikan di tahun 2006. Google Ventures berinvastasi  di bidang konsumi internet, software, hardware, clean- tech, bio- tech, health care dan lain- lain. Mereka menargetkan menginvestasikan sekita $100 juta per- tahun, dengan perjanjian bermacam dari awal hingga akhir. Google akan memastikan nilai kapitalnya sebelum memberikan invstasi. Perusahaan Google Ventures sementara beroperasi di US serta memiliki kantor disana.