Software Pembelajaran dari Seorang Anak yang Drop- Out Kuliah


Andrew Sutherland merubah game bahasa Inggris menjadi sebuah software laris

Andrew Sutherland memutuskan keluar dari sekolah membangun bisnisnya sendiri. Dia menjelma menjadi seorang menejer pengembangan teknologi Quizlet.com. Perusahaan online yang ia ciptakan dari kamarnya. Dia yang kala itu 15 tahun, merupakan masih murid baru Massachusetts Institute of Technology (MIT). Perusahaan yang membantu tidak hanya pelajar tetapi juga guru dan orang tua melalui education tools.

Apa itu Quizlet? Quizlet merupakan permainan kartu yang umumnya digunakan untuk belajar bahasa Inggris. Yang berbeda, Quizlet menawarkan sebuah game flash yang lebih sederhana, mudah, dan dapat digunakan siapa saja. Pengunjung situs Quizlet.com, akan menggunakan tools yang ada gratis melalui internet. Pengguna Quizlet, biasanya menggunakan tools untuk SAT Vocabulary, bahasa Inggris, atau pelajaran lain yang bersifat mengahafal.

Quizlet diperkembangannya tidak lagi membatasi hanya untuk bahasa Inggris sebagai sasaran tetapi beberapa bahasa terkenal lain seperti bahasa Prancis, Spanyol, Prancis, atau Jerman. Tools yang dikembangakan juga berkembang pesat diikuti tenaga profesional sebagai perusahaan internet. Aspek belajar bahasa bukan sekedar fokus lagi, tetapi aspek pengembangan teknologi pendidikan yang utama.

Lahirnya Quizlet  

Suzanna Becker seorang murid Albany Hing School mengatakan sebelum menggunakan Quizlet; dia akan sulit mengingat pelajaran bahasa Spanyol. Dia menggunakan flash card manual yang dibawahnya diselipkan bahasa Inggris. Dia sewaktu waktu bisa mencuri lihat apa arti dari tiap bahasa Spanyol karena tiba tiba lupa. Namun, itu membuatnya merasa menipu dirinya sendiri seperti menggunakan sebuah contekan kecil. Dengan Quizlet, Suzanna tidak bisa mencuri tahu bagaimana belajar bahasa Spanyol karena ini merupakan kartu digital.

"Jika anda mehabiskan semua waktu yang anda dimasukan ke dalam game komputer menuju pemrograman, Anda akan membuat sesuatu," Howard mengatakan tentang anaknya Andrew.

Andrew, 15 tahun, hanya seorang pelajar biasa yang gemar bermain komputer. Howard Sutherland, ayah Andrew melihat anaknya mulai kecanduan game online. Dia kemudian menyarankan anaknya belajar bahasa pemrograman bahkan membuat gamenya sendiri.

Ia mulai belajar bahasa pemrograman hingga membuat website sendiri. Dia belajar komputer dari membaca buku HTML dari ayahnya. Dia juga mengikuti forum tentang membuat web design. Di sekolah menengah atas, dia menciptakan sebuah bisnis di bidang web design untuk orang tua temannya. Dia juga menciptakan beberapa aplikasi untuk wordpress.

Suatu saat, Andrew  menemukan passionnya di dunia pendidikan berkat ucapan ayahnya ; dia menemukan Quizlet. Dia yang memang sudah belajar bahasa pemrograman mulai banting stir membuat software belajar. Quizlet diciptakan dari kesalahannya belajar bahasa Perancis melalui permainan kartu. Andrew mengatakan kartu- kartu  tersebut sangat menarik tetapi butuh sesuatu untuk mengembangan efektifitasnya. Dia kemudian menciptakan Quizlet dari ide tersebut, dia mencipatakan tools digital untuk membuat game tersebut menjadi game digital. Ini akan mengurangi resiko mencontek.

"Permainan kartu sangat mudah ketika kita belajar bahasa, saya tahu apa artinya, tetapi seketika hilang dan semua sia- sia karena mengintip artinya" ucapnya mengenai bagaimana dia memulai. Melalui Quizlet, Andrew mengaku hal semacam "mengintip" tidak akan terjadi lagi.

Andrew Sutherland langsung memprogram software tersebut seketika dan menjadi awal Quizlet. Di hari berikutnya, dia membagikan ciptaannya kepada semua temannya dan mendapatkan banyak dukungan. "Kita semua bergabung untuk Quizlet, mengunduh kata- kata kami sendiri dan belajar sendiri. Itu membuat belajar vocabulary dari sendiri menjadi grup," ucap Brian Aller, teman sekelas Andrew mengingat lahirnya Quizlet.

Teman yang lain menjelaskan jika terjadi error semua akan saling membantu. Mereka membetulkan bersama kesalahan yang ada dan mengembangkannya. Kemudian, Andrew akan mengerjakan Quzilet setelah pulang sekolah. Dia memastikan softwarenya bekerja. Dia resmi meluncurkan Quizlet.com di Januari 2007. Situs tersebut menggunakan sistem open register atau orang bisa tidak perlu menjadi member.

Menjadi terkenal melalui internet

Bukan hanya tetang Quizlet, Andrew terkenal karena memilih tidak melanjutkan kuliahnya. Dia yang lulus dari Albany High School di 2008, untuk balajar komputer science terjebak rutinitas Quizlet sendiri. Dia yang menjadi CEO dan founder Quizlet merubah kamarnya menjadi kantor. Dia membuat sebuah medan perang di kamarnya.

Quizlet tumbuh menjadi setangah juta pengunjung pertahun sebelum 2008- 2009 di saat sekolah dan menjadi 2 juta perbulan di saat kuliah. Ini benar- benar sukses besar untuk pengunjung yang begitu banyak. Mengadministrasi Quizlet dan menguruh publikasi melalui Skype dari kamar menjadi sulit. Dia memutuskan untuk tidak menjadi mahasiswa lalu melanjutkan start- up bisnisnya Quizlet.com.

Itu juga termasuk bagaiman kelasnya yang penuh dengan prektek. Dia harus fokus mengerjakan teori beserta praktek sekaligus. Seperti, bagaimana microchip bisa bekerja atau bagaimana komputer berkomunikasi. Itu benar- benar baik untuk pengetahuan tetapi tidak cocok bagi Quizlet nya yang tumbuh. Andrew Sutherland memutuskan keluar di semester awal 2011.

Bisnis Quizlet di dunia nyata

Quizlet memiliki tim tujuh orang, sebagian besar lebih tua dari Andrew Sutherland. Dia mengaku mereka respect kepadanya karena keinginan kuatnya di Quizlet. Salah satunya, Will Vincent direktur operasional Quizlet yang merupakan pria bergelar Master di bidang business administration. Dia yang berumur 30 tahun melihat Andrew 20 tahun sebagai orang yang membawa sukses Quizlet. Jika Quizlet tidak sukses, dia mungkin tidak akan menerima pekerjaan itu.

Sejalan dengan tumbuhnya bisnis, Andrew tetap fokus tentang students- for students- by students sebagai dasar. Fondasinya, dia mempekerjakan programing team dari Spanyol kelas. Mereka juga pelajar sehingga mengerti bagaimana pendidikan seharusnya.

"Jika saya melakukan research untuk market dan melihat apa yang ada disana, saya mungkin menemukan sesuatu yang lain yang mungkin akan berguna nanti," ucap Sutherland. "Tetapi karena saya tidak, saya membangun Quizlet dan Quizlet sekarang 20 kali lebih besar daripada segala sesuatu yang akan ada saat itu, dan sesuatu yang sekarang mungkin ada."

Di April 2011, Quizlet telah mencapai lebih dari 8,7 juta pengguna flash card dan lebih dari 2,8 juta orang mendaftar sebagai member.