Devinekids, Bagaimana Sebuah Game dapat Dinikmati Gratis


Maen Game Gratis tapi Bukan Gratisan dengan DivineKids

David Setiabudi, CEO DivineKids, selalu bertekat untuk menunjukan seorang game developer seharusnya bekerja di Indonesia. Walau game buatannya masih jauh dari game asing yang lebih dulu dikembangkan. Tetapi, dari sini, game lokal seharusnya semakin berkembang pesat dari hal yang sederhana. Hanya masalah waktu. Kita tahu pasti setiap orang belajar dengan baik dan David Setiabudi juga belajar.

Sebuah game association diciptakan oleh David dengan nama DivineKids untuk para pembuat game lokal. Sebuah Association bertujuan untuk memperkenalkan game lokal. Ini mudah sekali, sebuah konsep yang hampir sama dengan Newgrounds.com, dimana setiap artis atau pembuat games dapat memajang hasil karya mereka serta menerima order atau kontrak pengembangan. Konsep dimana setiap individu mampu mengembangkan gamenya di DivineKids walau terbatas hanya itu, dan tentunya meperkenalkannya kehalayak umum apa itu DevineKids; sebuah konsep menarik untuk dicoba.

Tahun 2004, DivineKids secara resmi meluncurkan logo dan characters yang terdaftar sebagai statement keseriusannya. DivineKids juga merilis game yang menjadi maskot, sebuah game yang disebut petualangan Devine Kids. Sebuah game yang bergenre petualangan RPG yang bernuansa Indonesia. Selain itu ada juga beberapa game dari DivineKids yang ikut dikembangkan dengan genre yang berbeda tetapi memiliki karakter sang maskot; seperti Dadu Master DK, Kuis Kata DK dan lain lain . Pada tahun yang sama juga, majalah PC Game telah mengakui DiviniKids yang kemudian juga mempublikasikan DivineKids' games selama kurun waktu tertentu. Game yang kemudian disimpan dalam sebuah CD untuk bisa dimainkan oleh siapa saja yang membeli majalah itu. Menakjubkan.

Sebuah awal yang baik guna mendapatkan nama sebagai game developer terpadu di Indonesia. Tentu game yang sekarang bukalah game yang ber- standard International seperti Ubisoft, Pop Cap, atau apapun, tetapi dengan system yang terintegrasi dengan PC bisa diterima khalayak.  Pembuat game  mudah dikenali dan game dari DivineKids dapat dimainkan semua model komputer dengan berbagai OS. Ini Benar benar mudah untuk dimainkan, semua orang tinggal men klik dan memainkannya secara langsung. Inilah DivineKids sebuah developer game pertama yang terintregrasi dengan baik.

Berkat kerja keras dan ketekunan, DivineKids mulai memasarkan namanya. Melalui majalah hingga setasiun televisi. Tahun 2008 di Indonesian Games Award, DivineKids terpilih sebagai Game Developer Indonesia Terfavorit yang paling fenomenal, sekaligus kontroversial, tentunya adalah penghargaan MURI yang menetapkan David Setiabudi sebagai Pembuat Game Pertama Indonesia. Sebuah kontroversi karena kita tahu sebelum David sudah banyak game makers yang mencoba mengembangkan gamenya sendiri. Game asli Indonesia sebenarnya buka hal yang baru. Akan tetapi, kami lebih suka menyebut DivinieKids sebagai perusahaan yang terintegrasi atau benar benar well marketed bukan individual's working. Sebuah kesatuan tepat seperti bagaimana  website newgrounds mempromosikan artisnya untuk dilirik provider game asing.

Terlepas dari polemik, Game DivineKids sudah terbukti cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Selain itu beberapa negara tetangga telah melirik game karyanya sebagai sesuatu yang patut dicoba. Dengan hal itu,  samakin banyak orang yang mengenal dan tidak hanya datang melihat DivineKids atau mereka juga ikut mendowload. Terbukti pada tahun 2013, tak kurang dari 124 tera bytes telah terdownload dari situs resmi DevineKids. Pengunduh menyangkup beberapa negara tetangga dan juga beberapa dari negara lain; seperti Australia, China, dan India.