Sang Pahlawan Musik Hip- Hop Dunia


Profil Rusell Simmons,Orang yang berjasa akan berkembangnya musik Hip- Hop

Lahir sebagai anak dari kelas menangah di 1957, Russell Simmons tumbuh di Queens, New York dengan segala kekerasan hidup. Dia pernah hidup dalam bayangan premanisme, akan tetapi memilih fokus di musik rap. Dia menjadi orang yang menyukai ritme, dan bit seterusnya ketimbang premanisme. Dia adalah seorang panyanyi, pencipta lagu dan promotor. Ia seorang entrepreneur di dunia musik yang berpengaruh besar.

Di awali sabagai promotor, Russell membantu banyak artis luar kota untuk masuk dunia musik di New York. Dan, tidak semuanya menghasilkan dari bisnis tersebut. Hip- Hop mulai terkenal kerena kerja kerasnya sebagai pebisnis dari sebuah grup Run- DMC. Dengan "Rapper's Delight", Run- DMC memulai fenomena rap dan hip- hop di Afrika Amerika. CNN mulai melirik sisi lain dari dunia orang kulit hitam dan menyebut itu untuk hip- hop.

Mereka, CNN masih dengan medinya menyebut Run- DMC menjadi fenomena Amerika ketika tetap menjadi dirinya sendiri. Mereka, Run- DMC memulai kehidupan Afrika Amerika yang jauh dari upaya meniru orang kulit putih. Run- DMC menyebut dirinya "keep it real" untuk berita CNN. Musik tersebut mulai bergerak dari sekedar musik jalanan hingga ke komplek- komplek.

Russell dan Rick Rubin mendirikan Def Jam sebagai label untuk musik hip- hop sebagai media promosi artis. Mereka berdua memulai membuat kaset untuk memasuki pasar Amerika. Beberapa artis sukses telah sukses mereka naikan namanya. Kita sebut saja Public Enemy, Kurtis Blow, Slick Rick, dan LL Cool J. Hip-hop berhasil menjual secara besar- besaran. Di sisi lain, orang kulit putih mulai tertarik kehidupan urban Afrika Amerika dan menyebutnya menarik. Jika orang tua kuli putih bertanya kenapa anaknya meniru "orang hitam"; Mereka menyebut dirinya keren karena Russell Simmons.

Seterusnya, Russell berdiri di tengah tumbuhnya musik Hip- hop dengan lebel Def Jam serta uang yang berlimpah. Dia membuat setiap usahanya dan Def Jam menjadi aliran uang yang mengalir deras beserta tumbuhnya budaya Afrika Amerika. Dia juga mengembangkan sebuah brand pakaian yang menunjukan bagaiman seorang penggemar Hip- hop seharusnya. Ya, pakaian yang menggambarkan kehidupan urban Afrika Amerika dengan jaket, topi, dan jersey. Melalui merek Path Farm, bisnis ini tumbuh menjadi bisnis $140 juta. Di 1985, Russell meneken kontrak dengan CBS untuk jaringan labelnya sebanyak $600.000 bersamaan dengan Path Farm yang samakin digemari.

Empat tahun kemudian, Universal membeli Def Jam untuk $120 juta. Dan ketika itu, Russell Simmons berhasil menarik budaya orang Afrika Amerika menjadi budaya Amerika. Seperti sebuah mimpi, tetapi musik bersifat universal merubah semuanya. Dia merubah budaya menjadi kekayaan tanpa merubah maknanya. Puluhan artis berkulit hitam berhasil masuk menjadi penyanyi top. Mereka mendapat kekayaan serta merubah pendapat Amerika kebanyakan. 

"Kenyataanya adalah setiap orang tidak terlihat seperti Bill Cosby, dan ketika perlu mendengar kenyataan, melihat kenyataan, semuanya untuk memberikan pengetahuan kemana kita melangkah, dan apa masalah kita," Russell Simmons tentang perbedaan antara Afrika Amerika dan Amerika.