Mark Zuckerberg dan Awal Mula Facebook


Profil Mark Zuckerberg memilih menjadi berbisnis daripada hacker

Lahir 14 Mei 1984, Mark Zuckerberg adalah Amerika entrepreneur dan hacker. Dia memulai semuanya dengan Facesmash.com. Dari situs itu, ide tentang Facebook lahir memberikan kebebasan tiap penggunanya. Dia menciptakan kebalikan dari Facesmash.com yang merupakan situs hasil hacking dari semua buku profil mahasiswa di seluruh kampus. Dengan Facebook, semua orang bisa membuat pofilnya sendiri tanpa batasan; foto, berkomentar atau membuat status. Facesmash berdiri disebaliknya di buat dari profil kampus yang terkadang terlihat buruk untuk dibagi, foto profil yang hack dan disebarluaskan oleh Mark sendiri. 

Bersama dengan Eduardo Severin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes, Facebook diluncurkan sebagai situs di sebuah kamar bukan sebagai bisnis awalnya. Mark meluncurkan calon perusahaan besar tersebut dari kamar dormnya sendiri. Kelompok ini memperkenalkan Facebook dari kampus- ke kampus hingga pindah ke Palo Alto, California. Facebook.com merupakan proyek jangka panjangnya dan alasannya untuk keluar dari kuliah hingga fokus mengurusinya seratus persen. Dia harus memastikan Facebook tidak akan berkahir seperti bisnis internet sebelumnya, Friendster atau MySpace.

Di musim panas, Facebook berdiri sebagai sebuah kantor kecil menemukan jalan modal besar. Seorang Pater Thiel, venture capitalist telah meyakinkan dirinya, Mark untuk merubah semua tentang bisnis tersebut. Facebook kemudian menjadi perusahaan media itu sendiri bukan meminta layanan iklan.

Dengan bantuan dari Sean Parker, Pater Thiel yang juga kenalan Sean memberikan Facebook sebuah investasi malaikat menjadikan Facebook sebagai perushaan multimedia. Kembali, bukan lagi soal iklan, tetapi perusahaan global memberikan layanan terbaik dari game, layanan promosi, hingga fans page. Peter memberikan $500.000 untuk 10, 2% saham perusahaan yeng bahkan belum berdiri. Mark Zuckerberg menerima modal tersebut, dan menolak sebuah penawaran dari seorang konglomerat untuk 5 juta pengguna aktif. Mark menyebut penawaran pembelian tersebut hanya akan mengacaukan segalanya. Dia menginginkan Facebook.com berada di tangan yang tepat; dia dan teman- teman satu koleganya.

"Ini bukan soal berapa jumlah uang yang mereka tawarkan. Untukku dan teman- temanku hanya peduli bagaimana kita akan menciptakan informasi yang terbuka untuk dunia. Mempunyai sebuah media seperti Facebook untuk seorang konglomerat hanya tidak menarik bagiku."

Di Mei 2005, investasi lain dari Accel partners untuk Facebook sejumlah $12, 7 juta, dan Jim Breyer menaruh uangnya sendiri sejumlah $1 juta. Di Januari 2009, Compete.com menyebut Facebook.com sebagai situs sosial tebanyak penggunanya di tiap bulannya. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus tumbuh dan secara tidak langsung berhadapan dengan Google. Facebook berhasil mengalahkan Google sebagai situs terbanyak pengguna, walau secara bentuk Facebook merupakan sebuah situs jejaring sosial. 

1 Februari 2012, Facebook.Inc resmi mencantumkan namanya di bursa saham dengan nama perusahaan resmi. Facebook.Inc mulai resmi menjual di NASDAQ di 18 Mei 2012. Di tahun yang sama, nilai Facebook diperkirakan seharga USD 5,1 milyar. Facebook masuk ke dalam 500 perusahaan terbaik versi Forbes. Sekarang, Facebook berhasil meningkatkan kekayaan Mark untuk $12,7 juta, dan harga sahamnya meningkat tajam. Semuanya semakin menjadi ketika situs portal Yahoo dikabarkan akan ikut dalam infestasi. Semenjak itu nilai saham Facebook semakin meroket di bursa NASDAQ.