Pelopor eCommerce dari China Bercerita tentang Sulitnya Berbisnis


Jack Ma, siapa bilang guru tidak boleh berbisnis dan menjadi pengusaha

Ma lahir di Hangzhou, China dan merupakan tokoh paling berpengaruh di China (2008). Meskipun gagal dua kali, Ma merupakan tipe pekerja keras, dan benar saja, ia berhasil masuk Hangzhou's Teaching Institute (Hangzhou Normal University). Lulus pada tahun 1988, Ma menjadi sarjana pendidikan jurusan bahasa Inggris. Dia kemudian menjadi seorang guru di English International Trade, Hangzhou Dianzi University. Di bisnis, Ma masih dengan kerja kerasnya mendirikan YellowPages China. Ini merupakan situs bisnis pertama di China, dan membuka kesuksesan lain di Alibaba.com.

"Saya hanya memiliki 500 murid yang datang ketika mengajar di universitas. Gajiku saat itu 100 sampai 200 renmibi, atau mungkin sebanyak $12 sampai $15 per- bulan. Saya selalu bermimpi setalh menyelesaikan lima tahun, saya akan langsung berbisnis, hote atau apapun. Saya hanya ingin malakukan sesuatu. Di 1992, pendukung bisnis semakin maju. Saya mendaftar banyak perkejaan, tapi tidak ada yang mau menerima!, saya ditolak untuk mengisi sekertaris atau menejer dari Kentucky Fried Chiken," ucapnya mengingat masa sulitnya.

Ia benar- benar ingin berbisnis hingga menemukan internet melalui temanya. Mereka mulai coba- coba membuka Yahoo, yang kala itu masih menjadi nomor satu (Google belum lahir). Mereka mencoba mencari kata beer di Yahoo dan tak ada data dari China. Ini seperti, China merupakan negara kelas bawah kala itu. Dan, dari sinilah, Ma memutuskan membuat sebuah usaha online dan mencantumkan nama untuk China di Global. Munculnya dot com bubble, ia membawa sekitar $60.000 tanpa tau bagaimana website dibuat bahkan apa itu email. Dia bahkan tidak tau bagaimana menggunakan keyboard dan tetap berusaha. Ia berhasil membuat sebuah situs dengan bantuan teman dari Amerika.

Sekitar 5 tahun kemudian, seorang general menejer dari China Telecom menawarkan $185.000 untuk join venture. Hasilnya? Ma tidak berhasil meyakinkan dengan bisnis internetnya. Tidak putus asa, ia mencari sumber lainnya. Jangan berpikir semua mudah merupakan sebuah prinsip sederhana. Pada tahun 1999, Jack Ma memulai bisnis dari sebuah apartemen. Ia harus mengumpulkan 18 orang dan berbicara panjang lebar tentang visinya Alibaba.com. Mereka akhirnya menaruh uang di meja sebesar $60.000 untuk memulai Alibaba. Ia ingin mempunyai sebuah perusahaan global, dan nama global.

Alasan kenapa Ma berhasil dengan uangnya. Bagi Ma, ia akan sangat sulit untuk memulai visinya, ditambah buta akan internet. Dia harus berhati- hati dengan menggunakan uang untuk berbisnis. Perusahaan harus tumbuh meski dengan modal terbatas. Ma tau uang mereka sedikit. Jadi, ia tidak memiliki alasan untuk bersenang- senang. Pada akhir 1999, Ma secara resmi mendirikan Alibaba.com, sebuah situs jual beli bisnis ke bisnis.

Alibaba menerapkan bisnis ke bisnis, apa itu, sebuah usaha yang dijalankan dengan mengumpulkan supplier dan menjualnya secara retail. Atau, anda akan menjual produk secara ekspor untuk dijual kembali di China atau nagara lain. Perusahaan online tersebut diberi nama Alibaba.com sebagai pintu gerbang global, sedangkan lokal China, Alibaba disebut 1688.com. Dari situs global, Alibaba.com berhasil menjaring setidaknya 79 juta member. Semua member merupakan usaha di bidang ekspor dan impor diseleksi secara profesional.

Di 10 Mei 2003, Alibaba meluncurkan bisnis lain melalui Taobao.com. Berbeda dengan Alibaba, situs ini lebih mirip dengan eBay.com, atau consumer to consumer bisnis. Taobao memfasilitasi tiap entrepreneur membuka tokonya sendiri melalui online. Taobao lebih banyak digunakan oleh entrepreneur dari mainland China, Hongkong, Macau, dan Taiwan. Penjual bisa menjual dan memposting produk di Taobao melalui harga atau bahkan lelang. Paling banyak, Taobao digunakan untuk menjual secara langsung, sedangkan lelang hanyalah sedikit dari persentase.

Taobao juga menggunakan cara escrow atau penghubung buyer- saller langsung, Alipay, membuat situs semakin terkenal. Hasilnya, Taobao menjadi bisnis terpercaya hingga menguasai pasar sekitar 8% melonjak 59%. Di antara 2003- 2006, Taobao berhasil menjual lebih dari eBay China sekitar 79%-36%. Ini bahkan memaksa eBay untuk menutup usahnya di China. Di Juni 2006, Jack Ma selaku CEO Alibaba Group mengumumkan Taobao akan dipisah menjadi dua bisnis berbeda. Taobao akan dipisah menjadi TMall.com untuk market place, dan eTao sebagai search engine.

Jack Ma berkata tentang nama, "Suatu hari saya ada di sebuah coffe shop tepatnya di Francisco, dan berpikir Alibaba nama yang bagus. Dan kemudian pelayan datang, saya bertanya tentang Alibaba dan menjawab "Alibaba dan 40 penyamun". Dan saya berkata benar, ini nama yang bagus! kemudia di jalan saya bertanya kepada setidaknya 30 orang dan bertanya. Anda tau Alibaba? mereka dari India, Jerman, Tokyo, China, mereka menjawab tau tentang Alibaba. Alibaba dan open sesame. Alibaba baik hati, entrepreneur sejati, dan membantu rakyat desa. Jadi, itu juga mudah dieja hingga diketahui secara global. Alibaba membuka bisnis untuk entrepreneur besar dan kecil. Kami juga mencatat nama Alimama, siapa tau ada yang akan melamar kami!."

0 comments:

Post a Comment