Menyatukan Komunitas Forum Menjadi Satu Bisnis


Sanjay Sabnani melihat forum dan advertising melalui CrowdGather.Inc 

Sanjay Sabnani pemilik sejumlah forum, marketer, dan serta komunitas. Dia merupakan seorang serial entrepreneur dengan fokus internet serta teknologi yang menyatukan komunitas. Tahun 2000, ketika dia mendapatkan sebuah forum General Mayhem, situs forum pertamanya. Dia memiliki ide merubah nilai forumnya menjadi sebuah bisnis. Dia meluncurkan CrowdGather.Inc, menjadi faounder sekaligus CEO perusahaanya sendiri.

Sebelumnya, dia pernah bekerja di berbagai macam perusahaan. Ia mengerti betul bagaimana sebuah bisnis, sehingga CrowdGather merupakan bisnis plan yang rapih. Sanjay yang pernah menjabat sebagai eksekutif perusahaan privat; seperti Hythim. Inc sebagai EVP Strategic Development, OSI System.Inc sebagai direktur Business Development dan Strategic, dan sebagai vice president dari Venture Catalyst.Inc. Pria 40 tahun ini udah malang melintang di dunia online serta bisnis; pantas untuk disebut veteran.

Seorang India lahir di Hong Kong, dan memiliki pendidikan baik di US. Dia telah bekerja di depan PC selama 1982-1994. Dia memiliki pengalaman tentang iklan, serta affiliate marketing yang mulai hit di tahun 2011. Berbicara tentang Crowdgather, Sanjay mengaku sebagai passionnya. Dia yang cukup lama di dunia internet melihat situs semacam TechCrunch. Moz, New York Times mengahilkan uang untuk tiap CPM. CPM? sebuah nilai untuk 1000 perngunjung perhari, dan semuanya memiliki nilai berbeda. Dari sinilah, CrowdGather menyuguhkan iklan bermutu dengan target yang jelas.

Pengiklan akan rela mengeluarkan uang lebih dari 50 sen atau 25 sen per 1000. Ini benar tentang komunitas, Sanjay mencoba mengumpulkan situs forum yang memiliki nilai. Dia berharap sebuah situs senilai New York Times mendapat lebih hingga $50 juta, bukan tentang cpms yang berlaku. Jadi, CrowdGather akan menjadi sebuah payung bagi perusahaan online menjadi satu kesatuan sistem. Mereka, pengiklan, akan membayar lebih dengan $10 juta untuk 20 situs ternama.

Sanjay nekat menggunakan forum yang terkadang kredibilitasnya meragukan. Tetapi, dari forum, justru nilai kekuatan tidak bisa dibandingkan. Orang yang memiliki forum akan ditolak oleh pengiklan, tapi hal semacam tersebut samakin hilang. Semua orang menuju forum, komunitas, seperti Facebook dan Twitter. Sanjay mengibaratkan forum memiliki nilai bukan dari jumlah cpm saja.

Dia juga mencontohkan sebuah forum Bodybuilder.com yang mendapatkan $115 juta dari Liberty Media beberapa tahun lalu. Forum tersebut hanya menjual vitamin dan produk nutrisi, mereka memiliki forum yang kuat. Apa yang salah? Sanjay bekata "Orang yang memiliki forum ditolak. Tetapi, orang yang berkata saya memiliki beberapa situs besar, memiliki 80% pengunjungnya barada di forum yang dibawa secara langsung." Jadi, perlu adanya perubahan arah pengiklan untuk mengikuti trend tersebut.

"Kami memiliki sebuah forum bernama Motorcycleforum.com. Coba tebak apa yang mereka biacarakan? dan, jika anda masuk ke sub-forum Suzuki, coba tebak macam apa sepeda motor yang mereka bahas? Itu merupakan sifat dasar manusia untuk berbicara tentang susatu yang sama. Dan, jadi kami akan memisahkan hal yang manakutkan dari forum untuk pengiklan, dan kumpulan, dan unit, forum yang bahagia. Mereka yang satu merupakan tempat terbaik bagi pengiklan, menghasilkan terbaik, kontent asli dari pengunjung."

Kunci dari bisns CrowdGather merupakan forum sebagai kunci komunikasi yang luas. Jadi, mereka akan memisahkan yang baik dan buruk. Seperti konten dewasa serta gratis download, perusahaan tidak akan menerima hal tersebut. Semuanya mengenai menghibur dan menyenangkan untuk diikuti.CrowdGather pernah membeli sebuah forum dari seorang anak 16 tahun. Perusahaan membeli seharga $65.000 untuk ZuneBoard. Apa itu? forum yang membicarakan tentang software Zune. Dan, forum tersebut bertengger di halaman pertama untuk kata "Zune". CrowdGather menghargai forum dari pendapatan online sebelumnya, berdasarkan nilai domain, dan membeli sacara cash atau stock.