Seorang Entrepreneur Forum Game Online


Bocah 15 Tahun, Donny Ouyang berpenghasilan $65.000 dari forum

Donny Ouyang, kami menyebutnya sebagai anak yang cerdas. Bukan seberapa besar nilai raportnya, tetapi bagaimana dia mampu merubah hobi menjadi pekerjaan nyata. Semua dimulai dari kesenanganya bermain game hingga mambangun forum komunitasnya sendiri. Dimulai dari sebuah forum, Battleforums.com, ia mulai mengembangkan kemampuanya dalam mencari pengunjung dan web design hingga akhirnya masuk ke bisnis online. Dia, dengan Battleforums.com, berhasil menciptakan beberapa ribu dollar serta mengajak puluhan ribu member untuk aktif berbagi cerita.

Anda pasti ingat Kaskus , Donny Ouyang memulai lebih awal, semuanya ia kerjakan sendiri dari hosting hingga design. Dia telah keranjingan HTML, CSS, Java. etc, terus mengerjakan sesuatu tentang website setiap harinya. Semuanya berawal dari ketertarikannya akan komputer, mengubahnya menjadi seorang entrepreneur. Dan, bagusnya, Ayah Donny sendiri merupakan lulusan ilmu komputer yang memiliki puluhan buku untuk dia pelajari. Donny hanya perlu mempelajarinya secara otodidak hingga sekarang semuanya telah berjalan baik.

"Ayah saya seorang ahli komputer sehingga memiliki banyak buku tentang HTML, CSS, Java.dll. Suatu hari, saya menemukannya hingga perasaan ingin tahu itu muncul dari situ. Saya mulai membuka- buka semuanya satu persatu; dari sinilah semuanya dimulai."

Hidup seperti ini bukanlah kesalahan, Donny Ouyang masih mengerjakan semuanya pada batas kesenangan saja. Dia masih bisa bermain dengan teman- temanya sebagai seorang anak. Walau pada akhirnya, dirumah Donny akan menjadi sesok yang berbeda yaitu sosok entrepreneur yang fokus akan apa yang ia kerjakan. Dia mulai mengerjakan websitenya dengan sangat serius. Dia tidak pernah melihat itu sebagai bisnis hingga umurnya 15 tahun. Dari internet pula, Donny tau bagaimana website bekerja sehingga menjadi ahli di dalamnya. Semuanya terjadi begitu saja, dia memulai penawaran iklan dari berbagai situs game online.

Selain mendapatkan penghasilan dari iklan, Donny mulai ahli jual beli situs atau situs flipping. Apa yang dia lakukan? dia menjual semua situs yang telah dibeli dengan harga lebih mahal dari pembelian. Tetapi, seperti proses daur ulang, ia menjual kembali setelah tumbuh ditangannya sendiri; dia harus menata ulang semua kekurangan yang ada. Situs- situs ini telah dikembangkan dari aslinya berkat keahliannya. Donny hanya merubah beberapa hal, atau menambahkan sejumlah fitur.
  
"Situs terakhir aku harus menjual adalah situs StarCraft," kata Donny kepada wartawan Nelson Bennett. "Saya membelinya seharga $ 2.000. Dalam dua minggu saya menjualnya seharga $ 4.250," lanjutnya.
 
Situs yang dibeli seterusnya didaur ulang bisa berupa situs apa saja tetapi kebanyakan forum. Situs bisa berupa tentang video game atau komunitas online bagi kelompok agama, seseorang, atau suatu tempat. Situs tersebut kemudian dijual kembali untuk orang lain dengan harga yang lebih baik atau menyimpannya sebagai investasi. Pemilik pertama situs mungkin saja kurang mengerti bagaimana mengembangkan situsnya, sedangkan ia tau apa yang akan dilakukannya dengan itu. Donny menemukan website yang menurutnya mudah dipasarkan kembali untuk dimodifikasi ulang. Dengan pengalaman empat tahun, anak 15 tahun ini tau bagaimana situs- situs yang dibelinya dapat menghasilkan $65.000.

Donny seharusnya belum bisa mendapatkan pinjaman dari bank. Tetapi, dia bisa mendapatkan pengecualian karena kantongnya sudah lebih dari cukup. Bagaimana bisa? mudah, orang cukup tahu bagaimana dia berkerja lalu menunjukan berapa yang didapat perbulannya. Donny Ouyang benar benar dikenal sebagai entreprenuer muda. Dia mampu mendapatkan pendapatan untuk ribuan dollar per- bulan dari itu. Sebuah angka yang tidak bisa ditolak oleh bank manapun pastinya.