Wordpress' Matt Mullenweg Memulai Bisnis Internet tanpa Halangan



Penemu WordPress menciptakan blog profesional

Matt menunjukan sistem- sistem yang terintegrasi baik. Dia berhasil menciptakan marketnya sendiri melalui sistem WordPress. Dia berhasil menunjukan platform handal di bidang internet developing.

Dia, Matthew (Matt) Charles Mullenweg, lahir 11 Januari 1984 di Huston, Texas. Dia seorang internet geek dikenal sebagai seorang serial entrepreneur. Salah satu bisnisnya, Wordpress menjadi platform open source didownload lebih 18 juta pengguna.

Menciptakan platform sendiri



Matt pernah berkuliah di Houston jurusan Political Science akhirnya drop- out mengambil kesempatan emas. Dia mengejar karirnya di sebuah perusahaan internet, CNET Networks. CNet merupakan perusahaan pengembang teknologi terutama komputer. Ia bekerja membantu jalanya blog hingga masalah pengembangan media. Dia keluar kuliah tepatnya di bulan November 2004, satu bulan setelah masuk di CNET. Dia pindah dari Houston ke San Fransisco.

Di akhir 2005, dia memutuskan keluar dari perusahaan untuk mengejar tujuan pribadinya. Dia membangun perusahaan Automattic yang menjadi landasan WordPress. Automattic mempekerjakan Matta Mullenweg beserta temanya Ryan Boren. Matt dan tim kecilnya meluncurkan WordPress 1.5 "Strayhorn" di Februari 2005.

WordPress di bulan yang sama, telah berhasil didownload sebanyak 900.000 downloads.WordPress memperkenalkan sistem admin, tema, halaman belakang dan halam depan. Di Maret- April, WordPress diserbu artikel- artikel spam hingga 168.000 kemudian menjadi pertanyaan pengiklan hingga mengapus semuanya. Matt berhenti dari CNET di Oktober 2005, kemudian fokus membangun WordPress dan lahirlah Askimet beberapa bulan kemudia.

Askimet merupakan sistem anti- spam guna menangkal artikel spam atau cloaking yang membanjiri sistem. Askimet mampu menangkal spam hingga 25 miliar di 2011. Fungsi Askimet memastikan pengguna serta pengiklan kehandalah platform. Ini akan membantu WordPress manjadi produk terpercaya.

"Jadi kami belum sepenuhnya selesai, tetapi dua hal dari WordPress tunjukan bahwa sistem Open Source berdasarkan pengalaman pengguna dan kemungkinan memiliki kesuksesan komersial dan sofware gratis yang luas bekerja secara bersinkronasi."

Di Desember 2005, ia mengumunkan lahirnya Automattic, perusahaan dibalik teknologi WordPress dan Akismet. Automattic.Inc mempekerjakan orang- orang yang ikut di proyek WordPress ketika masih bekerja di CNET. Di Januari 2006, Automattic mengumumkan mempekerjakan CEO di Oddpost dan eksekutif Yahoo!, Toni Schneide menjadi CEO kemudian memebesarkan perusahaan hingga lima kali.

April 2006, Automattic memiliki investasi senilai $11 juta di modalnya, kemudain diamini Matt Mulleweg di bolg priabadinya. Automattic mendapatkan invetasi dari beberapa perusahaan; seperti Polaris Ventures, True Ventures, Radar Partners, dan CNET. Di Januari 2008, Matt mengatakan investasi dari Polaris Ventures, True Ventures, Radar Partners dan the New York Companies telah mencapai $29,5 juta.

Dia dalam blognya mengatakan investasi tersebut bukanlah akuisisi karena menolak semua tawaran itu. Ia ingin agar WordPress tetap independent. Di waktu itu, perusahaan memiliki 18 pekerja dan memiliki rencana untuk invesasi di sebuah layanan forum TalkPress.

Cara berbisnis sukses

Automattic ingin menjadi perusahaan independent malalui berbagai metode bisnisnya. Matt mengatakan Automattic melakukan investasi dan akuisisi perusahaan lain. Sekenarionya mudah, perusahaan membagi likuiditasnya untuk pemegang saham.

Bagaimana WordPress mengahasilak uang? pertanyaan menggelitik bagaimana produk Automatic yang satu ini menghasilkan. WordPress merupakan produk andalah serta faktor utama para investor menanam modal di perusahaan. Bagaimana perusahaan Automattic mengahasilkan uang dari sebuah platform gratis semacam WordPress. Matt menjelaskan dari blognya, diantaranya:

1. Web Hosting

WordPress memberikan VIP hosting bagi pengguna terutama perusahaan besar. Mereka cukup membayar VIP membership sebesar $15.000 per- bulan. Perusahaan besar seperti pemilik merek WSJ’s All Things D, CNN, TechCrunch, Time.com dan lain- lain.

2. Google Adsense

Blog gratis mungkin akan memperlihatkan iklan Google milik WordPress. Biasanya ini akan muncul untuk blog dengan trafik 1000 per- hari. Pendapatan dari sini tentu saja akan diberikan kepada WordPress, bukan pemilik blog. Iklan Google akan muncul menurut Matt jika mengikuti 3 dibawah ini:

1. Bukan pengguna FireFox
2. Telah Log- out kemudian masuk ke blog anda sendiri
3. Pengunjung tidak melalui Wordpress.com, atau jika anda ke abc.wordpress.com melalui sebuah link di def.wordpress.com; anda tidak akan melihat iklan Google

Meskipun kondisinya susah, WordPress bisa dibilang masih bisa untung besar. Kita tau berapa juta pengguna WodrPress diluar sana dan terus bertambah.

3. Automattic Akismet

Layanan anti- spam di WordPress digunakan secara gratis. Automattic mengkhususkan anti- spam tesebut hanya untuk Wordpress dan gratis.

Dalam perkembangannya, Akismet itu gratis bagi blog Wordpress.com, kemudian menawarkan perlindungan khusus. Ini digunakan bagi anda pemilik perusahaan besar atau network. Anda perlu membayar lisensi komersil sekitar $500 per- bulan. Profesional blogger atau siapa pun yang menghasilkan $500 dari blog Wordpress make diwajibkan membayar $5 kepada Akismet setiap bulan.

4. Hosting referral

Hosting sendiri atau menginstal WordPress di hosting berbayar akan mewajibkan perusahaan hosting membayar itu. Ya, perusahaan hosting akan membayar lisensi dari aplikasi WordPress sebagai software instalasi mereka. Semua referral otomatis membayar komisi pay- per- lead atau ketika pengguna membuka blog/situsnya.

Tapi jangan salah, dalam hal ini Wordpress memberikan uang kembali berupa nama. Perusahaan hosting akan terpampang di halaman depan Google. Terutama jika anda menulis kata "Top 5 Wordpress Hosting" dan lain- lain. WordPress membayar ini dari uang yang dikeluarkan perusahaan hosting.

5. WordPress Support

Ini untuk mereka yang menemui kesulitan di perkerjaan mereka. Perusahaan besar rela membayar $2,5- 5 ribu per- tahun  hanya guna mendapatkan pertolongan dari tim ahli. Mereka adalah tim handal segara membantu segala permasalahan situs dari sistem. Layanan ini akan dilakukan selambat- lambatnya 6 jam dari permintaan.

Normalnya WordPress ikut memberikan insentif ketika pengguna mengembangkan sistem WordPress. Dari sinilah, pengembang bermunculan menciptakan tema, plug- in dan widget beriklan pihak ketiga. Pengembang diperbolehkan memasang iklan, jadi mereka akan mendapatkan intensif berupa market place sekaligus affiliate marketing. Tetapi, di 10 Juli 2007, Matt mengumumkan tidak lagi memperbolehkan iklan di dalam theme.Hal ini membuat pengembang WordPress bersuara akan hasil karya mereka yang perlu pengakuan intelektual properti.