Pemilik Lebih dari 300 Pabrik Manufactur serta Ribuan Hektar Kebun Sawit


Profil Martua Sitorus CEO Wilmar International

Martua Sitorus lahir di Pematang Siantar, sebuah kota di Sumatera Utara, di tahun 1960. Pria yang memiliki nama asli Thio Seng Hap, adalah pemilik perusahaan Wilmar International bersama Kuok Khoon Hong. Meraka bergerak di bisnis sawit, dan menjadi perusahaan terbesar di dunia dari usahnya. Di tahun 1991, perusahaan tersebut resmi berdiri dengan 7.100 hektar kebun sawit. Wilamar International juga mendirikan pabrik pengolahan hingga Sumatera Utara. 


Wilmar International tercatat dalam bursa saham di Singapura. Bisnisnya tumbuh, yang sebelumnya berupa pengolahan minya sawit mulai berkembang terspesifikasi di wilayah agrobisnis. Perusahaan tersebut memiliki beberapa usaha lain, seperti penyuliang minyak goreng, pengepakan dan penjualan, lemak khusus, oleokimia, produksi biodisel, dan pengolahan biji- bijian. Pengepakanya meliputi (1). merchandising minyak sawit dan produk laurics (semacam lemak nabati), (2). pengolahan minyak sawit dan refinery, (3). peremukan, yang kemudian diolah dan refining untuk manjadi minyak yang bisa dimakan, minyak sayur, biji- bijian dan kedelai. Konsumennya meliputi China, Vietnam dan Indonesia, dan sudah berbentuk hasil jadi siap pakai. 

Lainnya, perusahaan juga masuk ke wilayah pembuatan dan distributor fertilizer, hingga menyewakan kapal. Dari sekian bisnis, yang terbesar, tentunya di bidang sawit. Mertua sendiri juga aktif dalam bisnis kesahatan, seperti membangun sebuah rumah sakit di Medan, Murnia Teguh Memorial Hospital. Rumah sakit yang ia persembahkan untuk ibunya, Murni Teguh. Rumah sakit tersebut didirikan 12 Desember 2012.

Meskipun ia tinggal di Singapura, dengan istrinya dan tiga orang anak, perubahan tempat tinggal tidak berarti bagi hidupnya. Martua tetaplah warga negara Indonesia, dan memiliki usaha sebagian besar di Indonesia. Dia mulai meilirik pasar sawit sedari muda. Dia sering menjual minyak sawit dari Indonesia ke Singapura. Dari sinilah, Martua berminat untuk memiliki kebun sawit sendiri. Bersamaan dengan kebun sawit, dia kemudian mendirikan Wilmar International beserta temannya.

Jika anda ingin tau salah satu produk dari Wilmar, anda pasti tau minyak kemasan Sania. Salah satu produk yang dipasarkan di Indonesia, dan pernah menjadi hits beberapa tahun lalu. Sebenarnya, perusahaan tersebut setidaknya mimiliki 48 perusahaan, tetapi dengan usaha yang begitu banyak; membuat pabrikanya tersebar. Mertua Sitorus merupakan entrepreneur yang fokus menciptakan peluang dari satu sumber, agricultural. Buktinya, sebagian besar bisnisnya berbicara tentang pengolahan dan pengemasan minyak nabati. 

0 comments:

Post a Comment