Menjadi Blogger Bukan Hanya Soal Uang, tetapi Komunitas


Blogger menawarkan jasa design, kaos, dan komunitas ala Ryan Amel

Ryan Imel (23) sebenarnya ahli membuat website dan sering bekerja untuk beberapa klien, tetapi akhirnya ia harus jatuh cinta dengan blog Wordpress. Tahun 2009, Ryan sudah membangun blognya tetapi masih kosong hingga 2010. Ide dibaliknya, Ryan akan membangun blognya sebagai komunitas menyenangkan. Dia merasa bahwa blog sangat menarik pada aspek itu terutama di blog Wordpress.

Dia meyakinkan dirinya membuat sebuah blog mengenai Wordpress dan darinya. Dari sana juga, dari blogging memberikan pekerjaan menghampirinya tentang membangun situs bagus. Ini seperti sebuah media promosi bagaimana menunjukan passion anda. Tidak mudah, Ryan tau betul blog dengan tema Wordpress begitu banyak terutama yang bertema webdesign. Ryan hanya akan menerapkan strategi dasar, "saya harus membuat blog tentang Wordpress dan harus menarik untuk dibaca sendiri." Selama bejalan waktu, Ryan hanya akan membuka WpCandy, blognya, membuat tulisan yang menarik dan pantas untuk dibaca.

Ryan mulai mendapatkan perhatian hingga tawaran webdesign pun datang. Dia juga memilih untuk sesuatu yang baru seperti mendesign kaos WpCandy. Sebuah ide bisnis baru, ia memilih jalur yang tidak jauh dari design sepenuhnya. Dia melalui WpCandy bukan hanya mengenai uang, tetapi sebagai full blogger terkadang butuh extra uang. Ini sudah termasuk biaya hosting hingga research, Ryan menawarkan segala sesuatu tentang design.

Itu merupakan pekerjaan yang keras. Dia harus berhenti ketika menghadapi format PHP diawal blogging. Ryan terkejut bagaimana blog wordpress begitu sulit dari sekedar website. Dia merasakan semuanya terlihat membingungkan dari PHP, theme, plug- in dari Wordpress. Ia mulai menggabungkan pengalamannya sebagai webdesign serta beberapa pengetahuan tambahan tentang plug-in dan lainnya. Akhrinya, Ryan berhasil dengan trial dan error, berhasil melihat kesamaan antara blognya dan sebuah website. Dia telah mempelajari cukup lama sebelum berbicara tentang Wordpress. Menurutnya, wordpress lebih komplek untuk sistem develop, dengan segala pulg- in menakjubkan mendukung tiap kontentnya. 

"Disuatu waktu disaat melakukan freelance job, saya membuat Wordpress blog dengan teman, Cory Miller. Itu merupakan suatu waktu sebelum ia meluncurkan blognya sendiri, iThemes. Ia adalah Cory, orang yang memberikan ide menganai blog tentang Wordpress, dan kemudian membuat blog dengan theme Playgroundnya waktu itu. Dan akhirnya, Playground telah menyatu dengan blognya WpCandy.com." Ryan mengungkapkan konsep blognya.

WpCandy merupakan pekerjaan serius bagi Ryan. Banyak waktu telah ia berikan untuk blognya tersebut. Dia rajin membuka WpCandy untuk  sekedar memeriksa semua komentar, menulis sesuatu dan berarti pekerjaanya selesai. WpCandy memiliki konsep yang up- to date setiap harinya. Ryan selalu menulis tentang sesuatu yang baru. Sebagai contoh rubrik khusus pada WpCandy, rubrik tersebut memberikan berita tentang plug-in tiap harinya dengan segala spesifikasi. Dia menyebutnya Daily Plugin. Lainnya, WpCandy juga membuka forum diskusi bagi penggemar blog terutama Wordpress untuk sekedar berbagi informasi.

Bicara tentang iklan banner, Ryan mengaku tidak terlalu suka memilih adsense atau semacamnya. Nyatanya, iklan memang membuat blog terlihat buruk apalagi dengan kontent adsense. Dia tidak suka bagaimana iklan merubah tema blognya. Tatapi, dia menyukai bagaimana pembaca mensuport blognya untuk menulis semakin baik. Daripada memilih iklan, Ryan memberikan ruang kosong sebutan "Powered" atau didukung oleh. Dia memberikan banner iklan untuk pengunjungnya atau blogger lainnya. 

"Saya yakin sekali semua yang mendukung WpCandy bukanlah pengiklan. Mereka merupakan penyokong, kontributor, produser, atau palanggan," ucapnya mengenai iklan. 

Ryan Amel lebih mengandalkan komunitas. Atau, dia mencoba meyakinkan WpCandy merupakan tempat yang nyaman dan informatif. WpCandy nya juga menggunakan Twitter dan Facebook sehingga tingkat ke updatenya begitu tinggi. Menurut Ryan lagi, WpCandy lebih menarik bagi pengunjung setianya dari pada Twitter atau Facebook. Tetapi, Twitter dan Facebook mendekatkannya bagaimana lebih manusiawi juga termasuk saling menyapa.

Kami sendiri tidak tau berapa uang yang dia dapat, tetapi semuanya bukan hanya tentang uang.

0 comments:

Post a Comment