Kalla Group Penguasa Jalanan Indonesia


Profil Jusuf Kalla memulai bisnis mobil, konstrukis, hingga monorail

Muhammad Jusuf Kalla lahir di Sulawesi Selatan, 15 Mei 1942, dia terkenal sebagai pebisnis ulung, ketua Kamar Dagang dan Industri Daerah (KADINDA) Sulawesi Selatan, hingga ketua partai Golkar dan wakil president ke 10 Indonesia. Menganai bisnisnya, Jusuf Kalla memegang kendali Kalla Group, group usaha milik kerluarganya. Lahir dari pasangan Haji Kalla dan  Hajjah Athirah Kalla yang notabennya pebisnis, Jk (panggilan media) mampu ikut aktif dalam usaha keluarga. Dia sukses mengembangkan bisnis tekstil hingga bisnis "jalanan". Dia memiliki perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi dan Logistik.

Di tahun 1968, Jk berhasil mengembangkan bisnis sebagai CEO dari NV Hadji Kalla. Dia berhasil merubah arah bisnis dari ekspor- impor hingga konstruksi, perhotelan, mobil, perkapalan, real estet dan transportasi. Di bidang transportasi inilah usaha Kalla Group terlihat mencolok darinya. Sebut saja, ia berhasil memegang hak jual (eksklusif) untuk Toyota dengan PT.Hadji Kalla. Lainnya, Jk memiliki hak penjualan untuk Daihatsu dan Nissan dengan PT. Makassar Raya Motor, terkahir KIA dengan PT. Kars Inti Amanah. Ketiganya merupakan foktor penting dalam usaha bisnisnya.

Ia juga memiliki usaha dibidang lain seperti PT. Makassar Monorail Indonesia. Itu merupakan kebenaran mengenai monorail di Makassar. Jusuf Kala benar- benar berniat untuk mengembangkan transportasi monorail di Makassar. Dilansir dari Detik.com, perusahaan monorail asal Bekasi diperkirakan akan bekerja sama dengan PT. Makassar Monorail Indonesia. Mereka menyambut hal tersebut dengan senang ketika Jakarta memilih produk China. "Masih dengan Hadji Kalla Group bersama mengembangkan monorail di Makassar," ungkap Indra Nugraha Kusna sebagai GM untuk PT. Melu Bangun Wiweka.

Selain bisnis Jk juga aktif dalam hal politik hingga sosial. Kita bisa menyebut untuk sosial, ia berhasil menjadi ketua Palang Merah Indonesia. Pekerjaanya sebagai ketua PMI juga memberinya kesempatan untuk memperhatikan nagara lain dan melakukan kegiatan sosial. Di bidang Politik, itu tentu mengenai jabatannya sebagai mentri hingga menjadi wakil president. Lainnya, Jusuf Kalla dibidang politik termasuk sukses menjadi ketua Partai Golkar 2004- 2009. Dia juga cukup fokal terhadap berbagai isu hangat seperti perjanjian damai GAM hingga mengenai kenaikan BBM dan penanggulangannya.

Kalla Group juga mulai eksis di bidang sosial secara ke organisasian. Mereka membangun beberapa yayasan dan sekolah Islami sebagai bagian filantropi.