Memulai Lebih Awal dengan Denny Harianto


Bisnis eCommerce Indonesia, ayo membuat toko online vKio

Bisa dibilang, ecommerce di Indonesia mengalami keterlambatan atau masih kurang terpublikasi secara menyeluruh. Ada berbagai macam alasan dari kurangnya tingkat pendidikan hingga soal era- reformasi dan keterbukan informasi yang tersendat di Indonesia. Alhasil, Denny Harianto bisa sukses modal nekat.

Dia mempersentasikan dirinya sebagai web designer sukses. Idenya mudah, dia hanya yakin kala itu memiliki sebuah situs bagi perusahaan merupakan kebanggaan. Jaman itu di tahun 2005, modem dial- up hanya jalan penghubung ke internet. Dengan kecepatan hanya 56 kbps, Harianto.com lahir sebagai sebuah produk. Denny yakin berhasil dengan memasarkan Harianto.com dengan biaya internet kala itu Rp.150.


“Susah sekali mendapatkan klien saat itu. Kalaupun sudah dapat gak jadi-jadi karena materinya tidak ada. Kalau materinya sudah ada, masih saja belum selesai karena klien sendiri masih bingung dangan mau diisi apa website-nya…”  kata bapak dua anak ini.

Susah memang harus susah, Denny harus benar- benar meyakinkan klien mengenai website buatannya hingga kontent seperti apa yang disediakan. Lebih lanjut, dia juga mendapatkan godaan besar dengan bisnis lain yang bermunculan diluar bisnis web designer. Yang terakhir, sebuah bisnis sewa software hampir menggoyang imannya.

"Waktu itu konsep menyewa software masih baru bagi saya, mungkin juga bagi programmer lainnya. Saya pikir ide bagu, mengapa tidak saya coba? Rasanya ini jalan yang pas dengan jiwa saya."

Hingga di tahun 2006, melalui waktu satu tahun, ia berhasil mengembangkan VKios.com sebagai software toko online pertama. Apa itu VKios? VKios adalah sebuah website toko online yang akan disewakan masal tanpa memusingkan pelanggan dengan detailnya. Anda akan menemukan VKios dengan kendali penuh dan mudah diakses. Ini bukan Joomla, Prestashop, ataupun Wordpress. Vkios adalah VKios, bukanlah sebuah open source.

Kerena bukan open source, Denny tidak bisa membuka coding dari softwarenya. Ini juga merupakan suatu kelebihan ketika VKios berjalan lebih cepat. Bahkan, VKios mampu mengalahkan Wordpress dari segi kecepatan. Dari segi keamanan, tentunya VKios memiliki keamanan di atas Joomla yang terkenal. Ia sebagai designer meyakini tampilan layar adalah utama. Itu bisa menipu pengunjung. Ibaratnya barang premium yang harus terlihat mahal. Situs yang cantik akan menarik pengujung, menilai bahwa situs yang profesional dari tampilan; maka penjualan meningkat, itulah tujuan situs toko online.

 ”CSS dan PHP yang saat ini banyak digunakan untuk pembuatan website belum diajarkan di kuliah, jadi saya harus belajar lagi. Untungnya bahasa programnya tidak terlalu beda jauh dengan C+. Tahun 2005 hingga tahun 2006 saya gunakan untuk membuat program Vkios. Domain Vkios.com baru saya daftarkan tahun 2006, ketika program buatan saya siap dipasarkan.”

Tahun 2006- 2008, Denny mangaku sebagai tahun- tahun yang berat. Dia harus mengerjakan sendiri bisnisnya dari maintenance, update security hole, team support, dan stress sendiri. Hingga 2008, VKios yang sebelumnya sepi pelanggan mulai kebanjiaran order.

Titik balik usaha VKios di tahun 2010

Banyak usaha baru yang berguguran mencapai separuhnya. Sisanya? mereka bertahan hingga lima tahun kedepan; seperti VKios. Digodok dari 2005 hingga 2008, VKios telah melewati masa sulit satu tahunnya. VKios terbukti merupakan 50% yang berhasil menjadi yang bertahan. Ada beberapa faktor yang bisa kita pelajari, antara lain soal harga yang tertunya sangat diutamakan.

Anda dengan 500 ribu sudah bisa memiliki sebuah toko online malalui VKios. Harga sudah termasuk sewa domain dan hosting. Tahun berikutnya lebih murah, anda akan membayara 300 ribu untuk satu tahun kedepan di VKios. Jika setahun 365 hari, maka di VKios, anda akan membayar sekitar Rp. 1.369/ hari. Ini lebih murah dari ongkos parkir yang 2000 per- jam atau UKM.

"VKios adalah produk masal, bukan kustom. Jadi harga 500 ribu sudah paling masuk akal, tidak terlalu mahal juga tidak terlalu murah. Produk kami satu saja, template kami ada 149 macam dan terus bertambah. Perbedaan paket yang satu dan lainnya hanya pada kapasitas hosting. Paket termurah, dengan 100 mb saja bisa untuk 800 produk."

Membuat toko online bukan perkara harga. Ada efek yang akan mengikuti seperti kemudahan, kebiasaan, serta umur. Anda yang sudah terbiasa dengan produk VKios serta segala supportnya tentu tidak mau hilang. Bayangkan jika VKios bangkrut? tentunya anda akan rugi basar. Dari sinilah, Denny Harianto berusaha tetap mengutamakan inovasi.