MeetMe. Inc: Menciptakan sebuah Situs Jejaring Sosial dengan Nilai $100 Milion


Situs jejaring sosial selain Facebook, untuk mereka yang bertemu teman baru

MeetMe berawal dari jejaring sosial dengan nama myYearbook.com. Situs myYearbook didirikan oleh dua bersaudara yang kala itu masih SMA, Catherine dan David Cook, pada musim semi 2009. Kakak tertua mereka, Geoff Cook ikut membantu sebagai angel investor dan CCO. Ketika myYearbook dimulai, David masih duduk di bangku sekolah SMA, sedangkan Catharine baru saja akan lulus. Keduanya tertarik masuk ke bisnis internet ketika saudara mereka berhasil menciptakan bisnisnya sendiri dari EasyEdge.com dan ResumeEdge.com.

Bagaimana merayakan uang $100 juta dari sebuah situs sosial berumur 6 tahun? Catherine Cook memilih merayakannya dengan berpergian beserta saudara dan sepupu. Catherine tetap mementingkan keluarga ketika myYearbook boming. Bagaimana pun juga, di awal pendirian, myYearbook memang diciptakan sebagai perekat kekeluargaan dan bisnis keluarga, semuanya mengenai kebersamaan diatas bisnis.

Geoff melakukan investasi pertama sebesar $250.000. Catherine dan David Cook mencoba menciptakan idenya sendiri tanpa bantuanya di awal; apa yang disebut buku tahunan digital. MyYearbook membantu pengguna menemukan teman lama mereka dan berbagi kenangan. Kesenangan untuk mengunduh foto, slideshow, dan saling menulis pesan. Selain itu, adanya fasilitas search membantu tiap pengguna mencari beberapa teman lama atau mantan kekasih. 

Lahirnya myYearbook

Dua bersauda merasakan bahwa pemilihan buku tahunan sekolah terutama fotonya membosankan. Catherin kemudian mulai membuat situsnya dari komputer di kamar. Dari enam tahun, myYearbook lahir dengan pengguna lebih dari 25 juta. MyYearbook merupakan situs ke 25 paling dikunjungi. Perusahaanya tumbuh dengan nilai $20 juta.

Catherin dan David Cook mengerjakan tiap halaman secara satu per- satu. Mereka akhirnya menemukan tim developing dari India. Kala itu mereka masih sekolah di SMA. Mereka meluncurkan myYearbook dari rumah mereka di Skillman, New Jersey, di April 2005. Berikutnya, mereka mempromosikan situs dari yang terdekat di sekolah. Akhirnya, situs tumbuh global di November 2005 sebulan setelah peluncuran.

"Kami mempromosikan situs dari sekolah ke sekolah mengenakan pakaian aneh," ujarnya

Bagaimana bisnis mereka tumbuh? myYearbook berjuang dari bawah berubah menjadi situs global. Dimulai dengan mencari bagaimana memasarkan serta melakukan ekspansi. Mereka memutuskan untuk melakukan merger dengan beberapa situs sosial lokal. 

"Mimpi kami sudah menjadi kenyataan beberapa waktu ini," dia berkata "menjadi sebuah merek global". Harapannya adalah bahwa merger dengan Quepasa.com, jejaring sosial latin, akan membantu tepi mimpi itu sedikit lebih dekat ke realitas.
Pada tanggal 4 Juni 2012, myYearbook berubah nama menjadi MeetMe.com. Perubahan terjadi karen kata "yearbook" berarti bertemu dengan teman dimasa lalu, sedangkan MeetMe berarti bertemu dengan teman baru. Perubahan nama tersebut bisa dibilang cukup berhasil.

Berbicara mengenai Facebook, Catherin punya cerita sama mengenai perasaan "patah hati". Kala itu, 16 tahun, dia memiliki 16 pegawai developer dan harus masuk kuliah. Dia putus dengan pacarnya di SMA dan seorang pria Spanyol muncul dari kuliah. Dia yang kuliah di Georgetown, merasakan kembali yang disebut cinta hingga harus berhenti di tengah jalan. Pria tersebut menghilang, dia tetap bertahan dengan dukungan keluarga ketika itu myYearBook resmi diluncurkan.