Juliette Brindak: Berawal dari Perkumpulan Gadis- Gadis "Cool"


Forum cewek ala MissOandFriends, tidak ada tempat senyaman ini

Juliette Brindak menciptakan sebuah situs jejaring sosial ketika usianya berinjak 16 tahun. Ketika remaja, dia menciptakan tokoh kartun yang kemudian menjadi maskot situsnya. Dia menciptakan karakter 5 gadis cantik "Cool Girls", dan pemimpinya yang dipanggila Miss O yang paling cool diantara yang lainnya. Cool Girls ini merupakan tokoh yang terinspirasi dari teman- temannya. Sedangkan Miss O, merupakan tokoh utama yang terinspirasi dari sang adik Olivia. Dari sinilah nama Miss O and Friends lahir sebagai situs jejaring sosial para gadis cool.

Memulai bisnis dari keluarga dan teman 

Seperti kebanyakan start- up bisnis, Julie memulai dari keluarganya sendiri kemudian teman- temanya. Ia bercerita usahanya bersumber dari donasi teman- teman. Dari mereka juga, situsnya berjalan sehingga memiliki member aktif. Ibunya yang merupakan design grafis, membantu dalam pembuatan awal situs sedangkan Ayahnya, yang ahli bisnis, membantunya membangun perusahaan.

MissOandFriends yang idenya lahir dari perjalanan pulang dari libur panjang mendadak tumbuh pesat. Situs tersebut memiliki jutaan remaja yang aktif sebagai member. Menurut majalah .Inc, situs jejaring sosial ini menjadi situs terbesar ke tiga di dunia dengan pengguna semuanya wanita di 2011.

Di umurnya ke 23, ia bukan lagi seorang remaja yang mengikuti fasion atau musik khusus. Dia harus belajar lagi bagaimana rasanya menjadi remaja pada jaman sekarang. Dia pun menciptakan inovasi baru dari uang yang dihasilkan. MissOandFriends menciptakan trobosan dengan berbagai polling, quis, dan "Girl2Girl". Ini dimaksutkan agar Julie selalu update tentang apa yang member pikirkan, rasakan, dan inginkan.

"Di November 2011, para gadis menulis di dinding Girl2Girl dan bertanya apakah MissOandFriends bisa mendapatkan tiket konser One Direction untuk mereka. Itu merupakan pertama kalinya saya mendengar tentang One Direction dan kami MissOandFriends berhasil membuat sebuah konser/ sponsori dengan Simon&Schuster's 'Dork Diaries' dan memenangkan sebuah tiket," ujarnya mengingat jeri payahnya memahami para remaja.

Dia membuat semuanya berhasil dengan kontes. Ia menciptakan kesempatan bagi member untuk bertemu artis, seperti Justin Bieber, Miley Cyrus dan the Jonas Brothers di konsernya. Beberapa waktu yang lalu, dia dan MissOandFriends mengadakan perjalanan melihat konser Tylor Swift untuk empat orang pemenang.

Mengatur waktu berbisnis disela sela kesibukan kuliah

Seiring berjalanan waktu, situs miliknya semakin besar melewati masa- masa sekolah hingga sekarang kuliah. Ia sendiri awalnya meluncurkan MissOandFriends.com dengan segala kekurangan yang ada. Dia hanya dengan bermodal design halaman awal yang menarik. "Disana ada halaman utama yang memiliki Miss O and Friends karakter dan sebuah animasi sederhana," ucapnya. "Disana hampir tidak ada apapun disana, tetapi itu merupakan awalan." Sekarang situsnya sudah memiliki message board, quis, game, dan chatting.

Tetapi mengelola situs tersebut dari Washington University di St. Louis bukanlah perkara mudah bagi Juliette Brindak. Bukanya mengambil jurusan bisnis, Julie memilih jurusan lain yaitu Anthropology dan Public Health karena memang situsnya juga menyangkut kesehatan wanita.

"Saya dapat belajar banyak tentang kultur dari seluruh dunia dan menjadi sadar dan terdidik tentang perbedaan cara bagaimana merangkul wanita." Julie berkata "Tujuan situsnya adalah, dan masih, membantu wanita muda membangun percaya diri dan kemandirian."

Untuk berbagi cerita mereka kepada dunia, Julie menulis sebuah buku berjudul "Miss O and Friends: Write On! The Miss O and Friends Collection of Rock' Fiction." Buku ini berisi kumpulan cerita yang dibuat oleh member aktif MissOandFriends.com. Ia berencana menulis buku lainnya di masa mendatang.

"Kami memulai bisnis plan yang kami gunakan sebagai penuntun, tetapi bisnis plan tersebut selalu berubah. Kami terus mencari jalan untuk menarik para gadis, untuk menghasilkan pendapatan, dan toko baru untuk kami Miss O and Friends dan komunitasnya."