Belajar dari Guru Investasi Dunia Bagaimana Melihat Kesempatan Usaha


Profil Warren Buffet "Oracle of Omaha" berbisnis investasi dengan strategi

Seorang entrepreneur dan investor, Warren Buffet lahir 30 Agustus 1930, di Omaha, Nebraska. Berinvestasi. Dari 13 tahun, Buffet telah menjalankan bisnis kecil- kecilan, kemudian membangun sebuah firma bisnis, Buffet Partnership, di Omaha, kemudian menjadi sukses besar. Ayahnya, Howard, bekerja sebagai broker saham dan seorang legislatif. Ibunya, Leila Stahl Buffet hanya seorang ibu rumah tangga. Warren Buffet merupakan anak kedua dari tiga bersaudara.

Ia menunjukan bakat dari bidang matematika dan teori finansial. Bahkan, semua orang menyebutnya prodigy, dia mampu memasukan banyak angka- angka ke kepalanya. Dari umur 11 tahun, Buffet membuat investasi pertamanya. Dia membeli saham Cities Service Preferred, sejumlah $38 per- saham. Harga saham yang turun drastis dan nilainya menjadi $27, tetapi Buffet yakin untuk bertahan hingga naik $40; memberikannya keuntungan. Dia menjual sahamnya untuk keuntungan kecil, tetapi Cities Service Perferred justru berhasil menaikan saham hampir $200 untuk bulan berikutnya membuat Buffet gagal. Benarkah? Buffet menyatakan itu merupakan pelajaran untuk bersabar dalam berbisnis.

Di 1942, ayah Buffet menjadi anggota the House of Representative, dan keluarganya pindah ke Fredricksburg, Vriginia. Buffet pindah sekolah di Woodrow Wilson High School di Washington, D.C, disana juga bisnisny berpindah. Ia dan temanya membeli sebuah mesin Pinball kemudian dipasangnya di sebuah salon seharga $23. Hasilnya? dia tidak menggunakannya, dan memilih membeli tiga mesin baru. Dari tiga mesin, mereka memasang di beberapa tempat berbeda. Mereka kemudian menjual bisnisnya dan mendapatkan $1.200 dari War Veteran.

Buffet berkuliah di Columbia University, di umur 20 tahun, dan berhasil menghasilkan bisnis senilai $10.000. Di 1956, setelah lulus kuliah, ia memulai lagi bisnisnya dan menjadi investor merupakan pilihan terbaiknya. Investasi suksesnya, dia biasanya membeli sebuah perusahaan di bawah nilai, dan kemudian menaikan nilainya hingga menjadi super kaya. Buffet mendapat gelar "Oracle of Omaha" karena kebijaksanaan mengambil keputusan dalam investasi.

Beberapa kesuksesan seperti dia berhasil membantu Solomon Brother dari pengambil alihan (1987), dan masuk ke dalam New York City house (1992) untuk menyelamatkan dari skandal saham. Kebanyakan, Buffet mendapatkan harta dari Berkshire Hathaway, sebuah perusahaan dengan kepemilikan terbesar serta sebagai CEO.

Di Februari 2013, Buffet membeli HJ Heinz dengan kepemilikan privat group, 3G Capital, sebesar $28 juta. Sebuah perusahaan Brazil dan juga pemilik Burger King dan sebagian untuk Anheuser- Busch InBev. Berdasarkan majalah Time, ia memuji perusahaan Heinz sebagai perusahaan dengan produk dengan rasa terbaik serta menejemen terbaik selama tujuh tahun. Di awal 2013, Warren Buffet masuk no.15 orang terkaya di dunia, versi Forbes.  

0 comments:

Post a Comment