Bagaimana Membangun Puluhan Perusahaan sebelum 30 Tahun


Berbisnis di Singapura menghasilkan 14 perusahaan ala Julie Shie

Tidak mudah untuk membangun perusahaan di Indonesia. Ini disadari betul oleh Julie Shie, entrepreneur asal Indonesia yang telah memiliki puluhan perusahaan. Siapa dia? Julie, wanita 30 tahun, yang mampu menghasilkan milyaran dollar melalui berbagai usaha. Tepatnya, dia memiliki 14 perusahaan yang berkantor di Singapura dan Indonesia. Soal bisnisnya, salah satu perusahaanya melayanin hubungan jual beli dua negara; Indonesia dan China. Dia melalui Worldwide Shipping Logistic Service Pte Ltd, menjembatani jual beli karet sejak 2006.

Julie Shie memiliki nama asli Yulianty, telah mendapatkan pendidikan bisnis dari keluarganya. Julie bukanlah anak dari keluarga tidak berkecukupan, tetapi pelajaran bisnis yang intens membuatnya harus bekerja keras. Ia pernah merasakan tidak diberi uang saku. Ya, keluarga Julie mengajarkan berusaha dulu baru mendapatkan sesuatu. Dari sinilah, dia menjalankan bisnis kecil dengan laundry yang hanya seputar rumah saja.

Bisnisnya bahkan pernah mengganggu sekolahnya. Tatapi, Julie bukan tipe acuh akan kegagalan, dan dia menyadari hal tersebut bahwa sekolahnya terganggu. Dia berhasil juara satu di SMP, dan apa yang menarik Julie berhasil menggabungkan semua; bisnis dan pendidikan. Dia berhasil menggabungkan antara bekerja, belajar serta bersenang- senang. Selain itu ia juga mengajar les private untuk 120.000 per- murid. Selulus SMA, Julie fokus dengan karir bukan bisnis. Ia memilih bekerja sebagai pegawai perusahaan asing. Pekerjaan tersebut buatnya karena menghabiskan waktu dengan lembur hingga jam 5.

Ia memulai lagi dengan PT. Samudra Indah Berkatindo, tidak mudah dengan segala masalah intern. PT. Samudra Indah Berkatindo berhasil dengan bisnisnya, dan menjadi jalan terbaik untuk ekspansi. Julie memilih Singapura sebagai penghubung dan lahirlah Wordwide Shipping Logistic. Seterusnya, bisnis tersebut berkembang dari penghubung China hingga Thailand. Ia mendirikan perusahaan baru Andaman Worldwide Shipping Co Ltd.

Selain perusahaan di atas, Julie juga bergerak dibidang properti di Indonesia, Singapura, dan Thailand. Di tahun 2013, dia setidaknya memiliki 14 perusahaan dengan mobilitas tinggi Singapura- Indonesia. Julie masih bisa mengontrol semuanya secara baik. Apa rahasianya? itu hanya soal komitmen, ketekunan, dan keinginan dari setiap usahanya. Julie sakarang mengerjakan proyek besar untuk perusahaan mining di China. Dia juga menjadi distributor untuk water heater di Singapura untuk Indonesia.