Asri Tadda, Blogger hingga AstaMedia Group.


Sekolah blogger untuk yang mau memulai internet marketing

Asri Tadda memiliki ratusan blog salah satu blognya, AstaMediaGroup.com. Dia memulai dengan sekedar blogging, jualan iklan per- klik, SEO, hingga jual beli artikel. Akhirnya, dia mengembangkan bisnis lain yang bersifat konvensional seperti bisnis kafe hingga membuka sebuah sekolah. Apa yang dia lakukan tidak sekarang bukanlah hal mudah. Dia belajar banyak dari hidupnya dan internet tentunya.

Asta merupakan lulusan Universitas Hasanudin Makasar sebagai dokter umum. Tak ayal dari jurusannya, blog- blog buatannya membahas mengenai kesehatan pada umumnya. Dia mengawali blognya untuk Adsense dan mengaku mendapatkan $400 untuk awal. Bukan nilai yang besar kala itu, tapi dengan usaha keras semuanya bisa berubah.

Siapa Asri Tadda

Pria kelahiran Luwu Timur, Sulawesi Selatan memiliki tekat yang kuat dibidang internet. Dia (29) yang mampir di warung internet, mengubah hidupnya. Menurut suami Dewi Hastuty Sjarief hobinya pergi ke warnet cukup mengganggu. Dia yang fokus bisnis internet kuliahnya ikut tersendat.

Awal 2007, Asri mengenal bisnis blogging melalui Adsense. Dia keranjingan membaca kisah- kisah sukses mereka di bisnis ini. Dimulai dari menulis, publikasi, dan akhirnya ikut menjadi blogger mumpuni. Awalnya Asri hanya memilih curhat- curhat kemudian berubah serius seperti artikel kesehatan. Dia berubah menjadi dokter online.

Dari Adsense, Asri mendapatkan uang lumayan. Dari sini pula ia mengembangkan bisnis lain seperti jualan artikel, SEO, dan mendirikan sekolah internet. Dari pengalaman Adsense, dia mengaku memiliki kejelian untuk menentukan bagaimana sebuah blog dikembangkan dan dibisniskan. Untuk jual beliartikel, Asri mengaku membrandol perartikel untuk $5 atau Rp. 50.000 dan sedikit modal nekat. Nilainya berdasarkan jumlah minimal untuk 200 kata. Dia mengaku mendapatkan pendapatan untuk bisnis artikel setidaknya  $3, dan $2 sebagai fee penulis.

Dari bisnis artikel, ia gunakan pembayaran hosting hingga mentraktir temannya. Berjalannya waktu, Asri tidak hanya memiliki 1 blog tetapi 100 blog dan tumbuh menjadi 250 blog. Ini merubahanya menjadi bisnis advertising yang potensial. Dari bisnis iklan, AstaMediaBlogNetwork, pendapatannya naik 100 juta per- bulan. Asri menggunakan sistem pay- per click hingga iklan banner. 100 juta per- bulan merupakan angka yang menakjubkan baginya. Asri melanjutkannya AstaMediaGroup, sebuah perusahaan yang dikelola secara professional.

Ia mengakui kesulitannya hanya ada pada ketrampilan. Dia sama sekali tidak memiliki dasar web design. Dia juga memiliki pengetahuan sedikir tentang search engine optimization; semuanya otodidak. "Saya hanya mahasiswa kedokteran biasa yang kebetulan tertarik dengan dunia blogging dan internet marketing."

Bisnis serius

AstaMediaGroup merupakan pusat semua bisnis. Dia membuat perusahaan yang mempermudah setiap orang belajar SEO. Asri mengungkapkan malalui SEOSEMID.Inc, dia mampu memberikan layanan SEO untuk blog non- medis. Untuk non- medis, SEOMeds menganai hal lain selain blog medis. Omzet untuk SEOMeds telah mencapai $60.000. Semuanya menjadi satu tempat dibawah bendera Asta Media Group.

Merambah binis internet lain, Asri Tadda memilih iklan baris dengan IklanBarisTerkini, IklanBarisTerbaru, IklanBarisMakasar, dan PasangIklanBaris.com. Asri mengaku omzet keseluruhan dari atas dan bawah hanya 300 juta, dan dia hanya memiliki 13 karyawan.

Sejak April 2009, Asri bersama rekan- rekannya di AstaMediaGroup memiliki ide bisnis lain. Mereka membangun AstaMedia Blogging School di Maret 2009. Dan, sekolah tersebut resmi memberikan pengajaran di 16 Mei 2009. Tujuannya menghasilkan lapangan pekerjaan dan penghasilan baru. Bukan perkara mudah, mereka harus menyiapkan kurikulum. Melalui Astalog.com, Asri menjelaskan bagaimana kurikulum dibagikan kepada sekolah internetnya.

"Memang mengajarkan blog kepada mereka yang sudah melek internet dan sedikit paham bahasa Inggris jauh lebih mudah ketimbang terhadap mereka yang sama sekali buta internet. Ini merupakan tantangan kami di AstaMedia Blogging School."

Di AstaMedia Blogging School, ada tiga program pelatihan, yaitu blogging basic untuk pemula, blogging pro untuk mereka yang fokus mengoptimalkan blog dan menghasilkan uang dari sana. Asri menjamin dengan pengajar pro, mereka yang mendaftar akan menghasilkan uang sendiri. Target utama, dia memilih generasi muda yang sering menyalah gunakan internet. Saat ini ada sekitar 100 orang siswa dari berbagai latar belakang dan profesi. Sebagian diantara mereka kini menghasilkan $250 atau 2 juta perbulan.