Membeli Domain, Menjual, Parkir dan Diskusi



Matt Wegrzyn menjual membeli domain ala Bodis.com dan arti sebuah nama

Kita membeli sebuah domain hanya untuk sendiri, tetapi berbeda dengan Matt Wegrzyn. Dia tahu betul arti sebuah domain. Dia adalah seorang domain seller atau flipping atau broker. Domain seperti tanah atau rumah di tangan Matt. Orang bisa menjual, menyewakan, atau membeli. Matt melalui Bodis.com dari 2007 hingga sekarang berbicara tentang bisnis domain.

Siapa Matt? pemuda 19 tahun yang sudah memiliki spesialisasi dalam internet development serta jual beli domain. Matt menjelajahi puluhan domain market. Dia bergerak cepat di arus bisnis online dan mulai terkenal. Dia dikenal untuk sejumlah domain yang telah terjual, seperti JF.com,Luci.com, Redo.com, ARQ.com, Ally.com, Gary.com, dll. Dia berhasil menjual semua dengan angka $50.000 lebih. Dan, setiap penjualannya mengikuti reputasinya.

Lahir di Poland, sekarang tinggal di New York City, ia merupakan seorang internet developer serta domain industri. Dan, dia  bukan seorang pemalas dari internet. Matt memulai harinya dengan bekerja. Dia meneliti domain baru, mereview domain untuk dijual, dan berbicara dengan pembeli potensial. Dia selalu bekerja hingga larut malam.

Ini adalah dedikasi kepada pekerjaan yang dipilih. Sebagai entrepreneur online, Matt membutuhkan dedikasi untuk selalu belajar, mengumpulkan modal, serta pemahaman terhadap usahanya. Dia terkenal di sebuah situs domain, DNforum.com, mengumpulkan pembeli dan menawarkan penjualan. Tak jarang, dia harus berhadapan dengan kesalah pahaman. Dia harus dibanned dari forum dari tiga sampai berminggu- minggu. Dia juga belajar untuk mengumpulkan kontak untuk tiap penjualan sekarang hingga mendatang.

"Berbicara tentang DNforum dan NamePros(dua forum besar jual beli domain salama ini saya ketahui), selain kontak sebagai sumber dari sana, apakah anda juga menggunakan lainnya?. Lelang online seperti Sedo atau Moniker memang sangat terkenal, tetapi secara pribadi saya tidak tau  kenapa orang harus mau mendapatkan potongan komisi yang besar (sekitar 10%) yang mereka ambil. Apakah anda yakin akan memilih menjual di lelang domain?."

Matt percaya penjualannya secara langsung akan menaikan nilai domain lebih banyak daripada penjualan online seperti Sedo atau Moniker. Dan tentunya tidak ada masalah dengan komisi, karena anda benar menawarkan jauh hari. Menjual dengan sistem menurutnya akan menimbulkan harga naik tidak terlalu jauh. Hal ini sengat buruk bagi entrepreneur online seperti dirinya.

Ia mengaku tetap fokus dengan nilai domain akan menjadi faktor penting. Terutama, ketika dia harus mencari pembeli potensial. Ini tidak seperti berjualan secara lelang yang pembeli akan datang sendirinya. Penjualanya mungkin tidak akan baik dengan $3 domains. Jadi, Matt punya cara khusus menangani pembeli melalui escrow.com. 

Rahasia sukses bisnis domain dari forum

Matt membuka sedikit rahasi tentang kisah suksesnya. Dia terus terang akan melihat WHOIS, mencari alamat dan mengunjungi. Mudahnya, anda cukup menjual di rubrik sell domain dari forum. Anda akan membutuhkan berapa banyak pengunjung serta sudah berpenghasilan untuk domain yang dijual disana. Kuncinya, anda mencarilah domain yang sesuai serta menggunakan program domain parkir atau penghasilan dari sewa domain sebelumnya. Ini untuk mengukur seberapa berharga nilai sebuah domain.

"Beberapa bulan yang lalu saya menemukan sebuah domain dengan banyak pengunjung serta sudah menghasilkan $4.000. Itu dijual dua minggu lalu dan tak ada seorang pun membeli. Saya berpikir bisa mengoptimalkan dan bisa lebih berharga. Akhirnya, setelah dibeli terus dioptimalkan, saya berhasil menjual lebih dari $.4000."

Kebanyakan domain terbaiknya, dia jual menggunakan dua huruf .com; seperti XD.com atau VD.com. yang telah terbukti laporannya. Keduanya terjual dengan nilai $210.000. Dia juga menjual JF.com untuk enam digit angka. Lainnya, dia menjual untuk Gary.com dan Stern.com. Jika anda ingin memulai menurutnya, anda akan mendapatkan $20 hingga $500 sebagai awal. Ketikan memulai, Matt belajar banyak tentang niche dari domain. Di kasusnya, ia berhasil menjual di awal bisnis dengan nama "forum" dibelakannya. Itu kekitar $7 hingga $20- 300. Setelah sukses dengan $5.000 hingga $10.000 mulailah untuk menjual domain dengan dua huruf nama.

Bodis.com merupakan bisnis dari cara hidupnya sebuah domain parkir. Anda akan menyewakan domain anda hingga mendapatkan nilai yang bertambah. Perlu diketahui, domain akan semakin mahal jika semakin lama online. Anda harus membuatnya berguna dengan memparkirkannya. Fitur lain, Bodis.com menawarkan market untuk jual beli domain. Bedanya? bodis menggunakan pembelian langsung serta mesin pencari. Anda akan mencari domain sendiri. Bodis juga menawarkan forum seperti DNforum yang sangat berguna bagi pemula.