Kristopher Tate dari Zooomr untuk Flickr


Pelopor instagram situs sosial berbasis foto

Bisnis di Silicon Valley berputar lebih capat bagi bisnis berbasis teknologi. Kala itu, Zooomr bersinar ketika Flickr masih dipuncak dan merajai pasar. Zooomr berhasil "menyusul' dengan konsep sosial media yang belum ada saat itu. Kristopher seorang chief technology officer di umurnya ke 18 tahun, dan co- founder untuk BlueBridge Technologies Group.  Ia adalah penemu, programmer, dan developer Zooomr itu.

Zooomr merupakan penemuan besar seketika yang lahir dari tanganya. Dia sempat disebut sebagai child's prodigy sebagai programmer dan developer. Situs Technorati, atau blognya para blogger pernah menawari Kristopher secara langsung untuk bekerja disana. Zooomr ciptaanya telah menggunakan lebih dari 15 bahasa berbeda untuk serta geotag (keterang tentang lokasi foto) sebelum Yahoo! mulai menggunakan.

Apa itu Zoomr?

"Ini benar- benar menarik untuk melihat kembali rekaman video yang diambil teman- teman ketika saya umur empat atau lima tahun. Ini mengejutkan bahwa saya bekerja dimasalah komputer dan komunikasi ketika saya muda. Ayah saya adalah seorang insinyur nuklir untuk AS, dan saya beruntung untuk dapat berkomunikasi dengannya masalah matematika. Mengingatnya, pada waktu itu umurku lima tahun."

Kristopher memulai hidupnya di depan komputer semenjak 8 tahun. Dia kala itu memiliki sebuah komputer Mac. Dia belajar semuanya sendiri segala sesuatu tentang komputer. Ia masih ingat terakhir kali bermain dengan komputernya ketika teman seumurnya bermain lumpur.

"Kami memiliki televisi tetapi itu tidak menarik karena kami tidak memiliki Tv kabel. Jadi ayah saya membawakan saya Macintosh Quadra 660AV dan saya sangat tekagum- kagum. Saya ingat truk pengantar komputer tiba dan seorang menaruhnya di ruang dapur. Itu benar- benar sangat mengagumkan seperti televisi, tapi bisa dimanipulasi dan dimengerti."

Zooomr sama dengan foto sharing lain mengenai kebijakan menyimpan foto. Situs memiliki open-id sehingga setiap orang bisa mengupload tanpa membuat akun. Zooomr memberikan fasilitas tagging, ajaz, RSS, dan Geotag, anda bisa menulis dari mana, oleh siapa, dan disukai atau tidak untuk setiap foto yang diupload. Hal lainnya, itu juga termasuk aspek sosial media seperti market untuk foto. Situs yang memberikan kesempatan bagi setiap pengguna menghubungi teman atau melihat teman, dan menjual foto terbaik anda.

Bisa dibilang, Zooomr telah menempatkan dirinya sebagai foto sosial sebelum Instigram dan pantas disebut sosial media foto pertama. Ketika itu, melalui Zooomr, Kristopher membuat foto sharing dan aspek jejaring sosial jadi satu.

Bagaimana situs dikembangkan sebagaimana awal direncanakan melalui tangannya sendiri. Dia membuat designnya seperti design awal di buku sketsa. Ia kemudia mengadaptasinya ke halaman situs. Cara seperti itu digunakan diawal ketika masih sangat muda. Dia menciptakan setiap sisi Zooomr berdasarkan sketsa buka laptop kala itu.

Bisnis yang menyita waktu

Kala itu, ia benar- benar fokus kepada Zooomr, menciptakan tiap sisinya hingga larut malam. Dia bekerja selama 19 jam dihidupnya, tidur untuk beberapa jam kemudian bekerja kembali. Semenjak Zooomr aktif di Maret, ia berubah menjadi selebriti internet dan ditawari banyak pekerjaan. Beberapa perusahaan berbicara tentang akuisi Zooomr hingga bekerja sama di bidang portal foto melalui usaha yang dikembangkannya.

Dia lebih senang untuk selalu low profile dengan menyebut dirinya "seorang dengan kamera". Dia hanya ingin mengabadikan hidupnya dari lensa ke seluruh dunia. Bukan sebuah mimpi muluk, ini merupakan mimpi semua yang memiliki hobi fotografi.

"Saya hanya seseorang dengan kamera. Saya mencoba mendokumentasikan hidup saya bahkan sebelum Zooomr lahir, saya mencoba mengambil gambar satu buah sehari. Sebagai blogger dan seseorang yang selalu ingin membagikan hasil fotonya dengan teman, keluarga dan kolega dari seluruh dunia, itu tiba- tiba muncul dari diri saya hingga saya sebagai web developer yang memang bekerja menciptakan solusi informasi dibalik sebuah foto, seperti orang, tempat dan acara yang mengingatkan kita."

Tidak semua orang paham dengan Kristopher sebagai seseorang yang paham fotografi dan pengaplikasinya. Sementara itu, beberapa orang pernah berpikir Zooomr muncul karena Flickr. Dia telah merubah persepsi seolah Zooomr mengekor dengan fakta- fakta. Ini adalah hasil kerja kerasnya. Dia mengembangkan Geotag yang kemudian hampir menyamai GoogleMap. Dilain hal, Flickr kecolongan dan mengambil sistem sejenis satu langkah dibawah Yahoo! yang lebih dulu.
   
Zooomr harus menutup situsnya untuk saat ini. Kristopher Tate menyebut banyaknya situs foto sharing yang bersinergi sebagai sosial media ( seperti facebook dan Instagram) perlu mendapat perhatian. Melalui halaman situs, Kristopher akan menutup Zooomr sebagai closed beta dan mengembangkan sesuatu yang lebih baru. A whole new Zooomr, semoga bisa muncul memberikan warna baru dari situs foto yang ada sekarang.