Warung Spesial Sambal, Memulai Bisnis dari Kesempatan


Melihat, mempelajari dan menerapkan ide bisnis ala Yoyok Heri Wahyono

Orang Indonesia tidak bisa jauh dari yang namanya sambal. Di berbagai daerah, kita akan menemukan cita rasa sambal yang berbeda, dan dari sinilah; ide bisnis muncul. Yoyok Heri Wahyono melihat hal tersebut dengan jelas. Spesial Sambal, apa yang membuatnya menarik di tangan Yoyok? ia memilih mencari resep untuk berbagai sambal. Dia mencari 29 jenis sambal dari penjuru Indonesia. Hasilnya? Spesial Sambal nya digemari para pecinta pedas.

Pada tahun 2002, Yoyok masih berkutat dengan segala sesuatu tentang event organizer. Usahanya di bidang event organizer, membuatnya terjebak dalam ketidak pastian. Tidak setiap hari ia harus menyiapkan sebuah acara. Dan, dari sana, Yoyo hanya mendapatkan hasil yang kecil. Di tahun itu juga, ia dan kelima temanya memilih bisnis kuliner dengan aspek menjual lebih besar. Mengusung nama Spesial Sambal, enam sekawan kemudian membangun warung tenda kaki lima di Jl. Kaliurang (tepatnya di sebelah barat Graha Sabha Pramana, UGM). Spesial Sambal hadir ditengah masyarakat sebagai spesialis sambal.

Spesial Sambal menawarkan berbagai macam sambal sebagai usaha. Ini merupakan nilai lebih mereka. Spesial Sambal tidak menghadirkan sebuah eksperimen, tetapi memberikan sambal sepenuhnya. Dalam waktu 6 bulan, alumnus Teknik Kimia, UGM tersebut berani membuka cabang Waroeng SS. Bahkan tidak lama, ia sudah memapu membuka beberapa jcbang lagi. Besarnya animo masyarakat membuat Yoyo lebih percaya diri. Dia getol melalukan ekspansi sebelum banyak pesaing yang bermunculan. 

Yoyo juga membuka prospek waralaba. Ini akan memastikan konsepnya tidak ditiru, ditambah menguasai pasar sambal. Ia berhasil hingga usaha dangan lambang SS tersebut menjadi bisnis waralaba yang besar. Terbukti, melalui entrepreneurship kuat, Spesial Sambal  berhasil membuak 40 gerai yang tersebar di berbagai dearah. Itu meliputi Yogyakarta, Solo, Semarang, Malang, Kediri, Bandung, Jakarta, Depok, Cirebon hingga Pekanbaru.

Tak heran jika julukan Mr. Huuh- Haah tersematkan kepadanya. Yoyo Heri Wahyono melalui bisnisnya, Spesial Sambal mampu mengambil waktu yang tepat. Jika lengah sedikit, kami bisa pastikan usahnya tidak akan tumbuh. Ini bukan hanya masalah kemampuan membangun tetapi juga ekspansi.   

0 comments:

Post a Comment