Rahasia Dell Komputer Mengalahkan Apple Komputer



Profil Michael Dell CEO Dell Computer menemukan rahasia Apple untuk menjual lebih banyak

Lahir 23 Februari 1963, Michael Dell sangat tertarik dengan teknologi dan gadgets. Ia menikmati bagaimana mereka bekerja. Di umur 15 tahun, Michael membeli komputer pertamanya, yaitu komputer Apple. Ya, dari sinilah semua bermula, dia yang kala itu hobi dengan teknologi memutuskan untuk membongkar Apple. Ia mencoba mencari tau bagaimana komputer bekerja. Dari kuliah, Micheal membangun komputernya sendiri dengan merek Dell komputer. 

Dia fokus dengan penjualan secara personal, kostumer servis, dan harga yang murah. Tahun 1980 tepatnya, perusahaan Dell Computer Corporation( sekarang, Dell Computer.Inc) lahir darisebuah kamar, di universitas Texas, California, dan capat berkembang pesat. Di tahun 1999, Micheal Dell resmi menangggalkan kuliahnya untuk menjadi CEO termuda. Ia dengan Dell Computer berhasil masuk 500 perusahaan besar di Amerika.

Keberhasilan Dell bukanlah sebuah kejutan. Ibunya adalah broker, dan ayahnya, seorang orthodontist, memberikan bakat tersendiri bagi Micheal untuk menjadi seorang entrepreneur. Pekerja keras, Dell sudah berkerja di umur 15 tahun, mencuci piring di sebuah rumah makan China. Beberapa tahun kemudian, ia berhasil menjadi seorang ahli komputer. Dia melayani orang untuk mendapatkan langganan koran the Houston Post melalui komputer, hasilnya $18.000 dalam satu hari.

Dell komputer bekerja menjual upgrade PC, aplikasi, dan plugin setiap komputernya. Hasilnya, Dell menjual sekitar $50.000 sempai $80.000 per PC. Di 1996, Dell mulai merambah bisnis ecommerce, perusahaan tersebut mulai menjual semuanya melalui website. Di tahun yang sama, Dell meluncurkan server penyimpanan data. Hingga 2001, Dell komputer telah berhasil menjual setidaknya $1 juta, dan nilainya sama 12,3 persen jumlah komputer dunia. Ini bahkan melebihi penjualan Compaq komputer. Penjualan tersebut membuktikan Dell Computer.Inc merupakan penjual PC terbesar di dunia. Di 1998, Dell membangun MSD Capital L.P., perusahaan yang kemudian menangani investasi, privat equitas, pengamanan jual beli, hingga properti

Dunai PC masih sangat muda, Micheal Dell masih sama mudanya saat itu. Ia hanya bisa berusaha menjual secara langsung ketika memulai bisnisnya. Dia melalui waktu yang berat sebagai entrepreneur muda. Dengan $1000, ia gunakan sebagai modal start- up dan mulai membuat komputer hanya untuk teman mahasiswa. Segera, dia menyadari harus bekerja di luar dan akhirnya drop- out menjadi pilihan. Di 1984, Dell komputer berjalan ditangan Micheal sepenuhnya hingga berhasil dengan $6 juta penjulan saat sekarang. Hingga 2000, Micheal Dell adalah seorang miliarder yang memiliki kantor di 34 negara dan 35.000 lebih pekerja.

0 comments:

Post a Comment